Makna ayat-ayat shalawat menurut Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Tafsir Al-Jailani

Sidik, Ahmad (2019) Makna ayat-ayat shalawat menurut Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Tafsir Al-Jailani. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (790kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Pada dewasa ini perbedaan pendapat bukan lagi sebagai hal yang tabu melainkan sudah menjadi sebuah keniscayaan. Begitu pula halnya dalam kajian ilmu Alquran dan Tafsir. Walaupun objek kajian pada bidang ilmu ini sama yakni kalamullah namun sudah tidak asing lagi adanya ikhtilaf (perbedaan pandangan) dikalangan mufassir dalam menafsirkan ayat-ayat Allah SWT tersebut. Begitupun dalam menafsirkan ayat-ayat berkenaan dengan shalawat. Dalam ¬tafsir Al-Jailani Syekh Abdul Qadir Al-Jailani selaku tokoh ulama sufi tentunya memiliki pandangan tersendiri mengenai ayat-ayat yang berhubungan dengan shalawat. Sebab ketika para sufi menafsirkan ayat-ayat Alquran sumber-sumber pengambilan mereka tidak hanya terpaku pada riwayah dan dirayah, melainkan menggunakan isyari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta memaparkan penafsiran para ulama sufi terlebih dalam hal ini yakni penafsiran Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dalam tafsir Al-Jailani mengenai ayat-ayat shalawat. Mengingat shalawat pada dewasa ini masih sering diperdepatkan oleh sebagian golongan. Bermula dari sebuah kerangka pemikiran bahwa setiap tafsir memiliki kecenderungan sesuai dengan disiplin ilmu mufassir-nya, sehingga meskipun objek kajian tafsir tunggal namun akan menghasilkan sesuatu yang variatif. Tafsir Al-Jailani karangan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani salah satu contohnya dari corak tafsir tasawuf. Tafsir ini tergolong tafsir Tahlili karena terdapat hasil analisis-analisis yang dituangkan Al-Jailani didalamnya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analisis yakni penelitian yang menggambarkan atau menguraikan pemikiran seorang tokoh dengan cara mengkaji karya-karyanya. Lalu menganalisis ayat-ayat yang telah diinventarisir dalam satu tema pembahasan. Hasil dari penelitian penulis adalah: tafsir Al-Jailani karangan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani memiliki corak tasawuf. Bahkan dalam penafsiran ayat-ayat shalawat Al-Jailani menghubungkannya dengan kajian tasawuf. Beliau berpandangan bahwa shalawat yang kita baca merupakan bukti ¬mahabbah (cinta) kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Bahkan dengan shalawat-Nya Allah berikan selendang kebesaran dan keluhuran kepada Rasul SAW. Dan penempatan pada ¬maqamul mahmudah (kedudukan mulia). Serta rahmat dan keselamatan dari Allah SWT dan permohonan ampunan dari para malaikat untuk umat nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Shalawat; Al-Jailani; Sufi; Muhammad SAW
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Sidik
Date Deposited: 27 Jul 2020 00:45
Last Modified: 27 Jul 2020 00:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32154

Actions (login required)

View Item View Item