Analisis pengaruh Current Ratio dan Earning Per Share terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) : Studi di PT AKR Corporindo Tbk Periode 2009-2018

Refarmah, Amartiwi (2020) Analisis pengaruh Current Ratio dan Earning Per Share terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) : Studi di PT AKR Corporindo Tbk Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Dividend Payout Ratio (DPR) merupakan presentasi laba yang dibayarkan dalam bentuk dividen, atau rasio antara laba yang dibayarkan dalam bentuk dividen dengan total laba yang tersedia bagi pemegang saham. Rasio ini melihat bagian pendapatan yang dibayarkan sebagai dividen kepada investor.Salah satu faktor yang mempengaruhi naik turunnya Dividend Payout Ratio (DPR) yaitu Current Ratio (CR) dan Earning Per Share (EPS). Salah satu yang menjadi daya Tarik perusahaan adalah besarnya pembayaran nilai dividen kepada investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh Current Ratio (CR) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT AKR Corporindo Tbk. periode 2009-2018. Baik secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan tahunan. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah kemampuan perusahaan dalam membayar hutang jangka pendeknya dan tingkat keuntungan menjadi faktor pertama yang biasanya dijadikan pertimbangan manajemen dalam membayar dividen. Dengan semakin tinggi kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek dan meningkatnya profitabilitas yang tercermin pada Current Ratio dan Earning Per Share, maka akan meningkatkan perusahaan dalam membayar dividen. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. populasi pada penelitian ini adalah laporan keuangan PT.AKR Corporindo Tbk, sedangkan sampel yang digunakan adalaha laporan keuangan tahun 2009-2018. metode analaisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana dan berganda, analisis korelasi, analisis oefisin determinasi dan analisis data menggunakan program SPSS V.20. Hasil penelitian menunjukan secara parsial antara Current Ratio (CR) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) dari pengujian uji t diperoleh thitung<ttabel (1,256 <2,30600) maka H0diterima dan Haditolak, artinya terdapat pengaruh positiftidak signifikan antara Current Ratio (CR) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) di PT AKR CorporindoTbk. Sedangkan secara parsial antara Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) dari pengujian uji t diperoleh thitung<ttabel (2,031<2,30600), maka H0diterima dan Haditolak, artinya terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan antara Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) di PT AKR CorporindoTbk. Serta secara simultan pengaruh Current Ratio (CR) dan Earning Per Share (EPS) terhadap di PT AKR Corporindo Tbk. diperoleh Fhitung< Ftabel (1,928<4,74), maka H0diterima dan Haditolak, artinya terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan antara Current Ratio (CR) dan Earning Per Share (EPS) terhadapDividend Payout Ratio (DPR) di PT AKR Corporindo Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dividend Payout Ratio(DPR); Current Ratio (CR); Earning Per Share(EPS)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Amartiwi Refarmah
Date Deposited: 22 Jul 2020 04:30
Last Modified: 22 Jul 2020 04:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32083

Actions (login required)

View Item View Item