Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap tabungan paket lebaran CNK Jaya dengan sistem uang cicilan di Dusun Cilele Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran

Hidayatulloh, Farid Hilmi (2020) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap tabungan paket lebaran CNK Jaya dengan sistem uang cicilan di Dusun Cilele Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Konsep dalam pengarahan dan bantuan pada penelitian ini berkisar tentang hukum ekonomi syariah yang mengangkat tabungan paket lebaran dengan sistem cicilan. Tabungan paket lebaran adalah salah satu sistem jual beli cicilan yang terjadi di masyarakat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi pada saat lebaran. Pelaksanaan tabungan ini menggunakan akad yang menyerupai bai’ salam. Dalam tabungan paket lebaran ini terdapat beberapa ketentuan yang belum sesuai dengan hukum ekonomi syariah yang berlaku. Barang yang dijadikan tabungan paket lebaran merupakan barang yang mengalami naik turunya harga. Selain itu, mengenai ukuran dan kualitas barang juga tidak dijelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik tabungan paket lebaran dengan system uang cicilan di Dusun Cilele. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek penunjang dan penghambatnya, serta bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik tabungan paket lebaran ini. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif, yaitu menjelaskan dan menguji secara rinci terhadap praktik tabungan paket lebaran ini, mengumpulkan data-data dengan cara pendekatan kelapangan untuk bertanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dengan responden atau orang yang ada di Dusun Cilele Kec. Cimerak untuk didapatkan data. Untuk data yang bersifat teoritis ditempuh melalui studi kepustakaan, atau dengan menelaah buku, kitab, serta karya ilmiah yang bersangkutan dengan pembahasan skripsi ini. Adapun kerangka berpikir yang dituangkan dalam penelitian praktik tabungan paket lebaran ini, yaitu tentang jual beli dan ruang lingkupnya, tentang akad salam dan ruang lingkupnya, serta pembahasan gharar dan macam-macamnya. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa dalam kenyataannya hukum pelaksanaan tabungan paket lebaran dalam perspektif ekonomi syariah yang dihadapi masyarakat dalam membangun perekonomian yang harmonis adalah tidak adanya konflik, diskriminasi, social, dan perselisihan. Namun, ketika diteliti mengenai rukun, syarat dan ketentuan sah lainnya praktik tabungan paket lebaran ini terdapat unsur ketidakjelasan, terutama barang yang menjadi objek akadnya, baik dari segi kualitas atau kuantitas. Maka praktik tersebut dikatakan tidak sah, dikarenakan adanya unsur gharar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabungan Paket Lebaran; Dusun Cilele; bai’salam; dan gharar;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Aspek Fikih Lainnya
Financial Economics, Finance > Credit
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum
Depositing User: Farid Hilmi Hidayatulloh
Date Deposited: 22 Jul 2020 04:03
Last Modified: 22 Jul 2020 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32074

Actions (login required)

View Item View Item