Pengembangan modul berbasis inkuiri pada materi pokok ekosistem terhadap hasil belajar siswa: Penelitian terhadap siswa kelas X SMA Al Amanah Garut

Lestari, Nenden Ayu (2017) Pengembangan modul berbasis inkuiri pada materi pokok ekosistem terhadap hasil belajar siswa: Penelitian terhadap siswa kelas X SMA Al Amanah Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Penggunaan modul sudah biasa dilakukan pada proses pembelajaran, tetapi hanya berisi penjabaran materi serta paket soal evaluasi, sehingga perlu adanya pengembangan modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, hasil belajar sebelum dan sesudah dan respon siswa terhadap modul berbasis inkuiri pada materi pokok ekosistem. Metode yang digunakan pendekatan pengembangan 4D yang dibatasi sampai 3D yaitu: define, design dan develop. Penelitian dilakukan dengan validasi dari ahli materi, media, dan guru. Kemudian diujicobakan pada skala kecil dan uji coba skala besar. Data yang diambil dari uji coba skala besar yaitu hasil belajar dan respon siswa. Hasil penilaian menunjukan kelayakan modul oleh pakar media mencapai 97,72%, pakar materi 89,2%, dan penilaian modul secara keseluruhan oleh 2 guru 93,56% dengan kategori sangat layak. Penilaian oleh 10 orang siswa dalam uji coba skala kecil 78,25% dengan kategori layak. Hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Serta angket respon siswa uji coba skala besar rata-rata 83,01% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan modul berbasis inkuiri pada materi ekosistem yang dikembangkan dalam kategori sangat layak dan dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: modul; inkuiri; hasil belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 21 Jul 2020 07:23
Last Modified: 21 Jul 2020 07:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32060

Actions (login required)

View Item View Item