Penggunaan aplikasi android GeoGebra dan Desmos untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan motivasi belajar matematis siswa

Muhdiana, Winda (2020) Penggunaan aplikasi android GeoGebra dan Desmos untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan motivasi belajar matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian yang menggunakan media pembelajaran aplikasi android GeoGebra, Desmos dan Konvensional adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa, (2) perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa, (3) perbedaan peningkatan motivasi belajar matematis siswa, (4) perbedaan pencapaian motivasi belajar matematis siswa. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh sample kelas X MIA 2 menggunakan aplikasi android GeoGebra, kelas X MIA 3 menggunakan aplikasi android Desmos dan kelas X MIA 1 sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran matematis, dan lembar angket motivasi belajar matematika. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan nilai Sig. 0,002 < 0,05, (2) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, (3) terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar matematis siswa dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, dan (4) terdapat perbedaan pencapaian motivasi belajar matematis siswa dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: aplikasi android geogebra; desmos; penalaran matematis; motivasi belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Winda Muhdiana
Date Deposited: 21 Jul 2020 06:03
Last Modified: 21 Jul 2020 06:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32051

Actions (login required)

View Item View Item