Pengaruh Working Capital to Total Asset (WCTA) dan Total Asset Turn Over (TATO) terhadap prediksi Financial Distress (FD) dengan metode Springate S-Score pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi kasus di PT. Mustika Ratu Tbk. Periode 2009-2018

Fitriani, Lisna Annisa (2020) Pengaruh Working Capital to Total Asset (WCTA) dan Total Asset Turn Over (TATO) terhadap prediksi Financial Distress (FD) dengan metode Springate S-Score pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi kasus di PT. Mustika Ratu Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Working Capital to Total Asset(WCTA) merupakan rasio yang menunjukkan perbandingan modal kerja ( aktiva lancar-hutang lancar) dengan total aktiva. Modal kerja yang dimaksud adalah modal kerja bersih yang merupakan selisih anatara aktiva lancar dengan kewajiban lancar. Setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatan atau operasinya sehari-hari tentu selalu membutuhkan modal kerja. Sedangkan Total Asset Turn Ove r(TATO) adalah perbandingan antara penjualan dengan total aktiva suatu perusahaan yang menjelaskan tentang kecepatan perputaran total aktiva dalam satu periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Working Capital to Total Asset (WCTA) terhadap prediksiFinancial Distress(FD), (2) Pengaruh Total Asset Turn Over (TATO) terhadap prediksi Financial Distress (FD), (3) Pengaruh Working Capital to Total Asset (WCTA) dan Total Asset Turn Over (TATO) terhadap prediksi Financial Distress (FD). Pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) ( Studi PT Mustika Ratu Tbk periode tahun 2009-2018).Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan PT. Mustika Ratu Tbk periode tahun 2009-2018 melalui website resmi http://annualreport.id/pt-mustika-ratu-tbk-laporan-tahunan.com. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, kepustakaan dan searching. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik ( uji normalitas, uji heterokedasitas, uji multikolinieritas dan uji autokorelasi). Analisis kuantitatif (analisis linier sederhana dan berganda, analisis korelasi dan analisis koefisien determinasi). Untuk uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f, pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan cara perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS for Windows 20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial Working Capital to Total Asset berpengaruh tidak signifikan terhadap Financial Distressdengan korelasi -0,632 kuat dan arah hubungan yang negatif, Kd sebesar 39,9% nilai t hitung< ttabel(-2,307< 2,306)maka Ho diterima dan Ha ditolak. Secara parsialTotal Asset Turn Over berpengaruh tidak signifikan terhadap Financial Distress dengan korelasi -0,236 lemah dan arah hubungan yang negatif, Kd sebesar 5,60% nilai thitung< ttabel uji t sebesar 0,689 < 3,396maka Ho diterima dan Ha ditolak. Secara simultan Working Capital to Total Asset dan Total Asset Turn Overpada Ptidak ada pengaruh yang signifikan terhadap prediksi Financial DistressPT Mustika Ratu Tbk, dengan korelasi kuat yaitu sebesar 0,476 dan arah hubungan yang positif, Kd 4,815% dengan nilai thitung< ttabel sebesar 0,52 < 4,74 maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Working Capital to Total Asset; Total Asset Turn Over; Financial Distress;
Subjects: Econmics > Economic Forecasting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Lisna Annisa Fitriani
Date Deposited: 23 Jul 2020 06:42
Last Modified: 23 Jul 2020 06:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32047

Actions (login required)

View Item View Item