Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak di sekolah: Studi pada siswa yang ibunya sebagai TKW di SMPN 1 Widasari Indramayu

Alfiani, Amaliah (2017) Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak di sekolah: Studi pada siswa yang ibunya sebagai TKW di SMPN 1 Widasari Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Pola asuh diterapkan orang tua sebagai sarana membimbing anak. Pola asuh hendaknya diberikan orang tua dengan maksimal, artinya pola asuh didapat dari ayah dan ibu, tetapi tidak semua orang tua dapat melakukannya, salah satu orang tua yang memilih bekerja di luar negeri dan meninggalkan keluarganya dengan alasan memperbaiki kondisi perekonomiannya. Tanpa memikirkan perkembangan prestasi anak di sekolahnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua pada siswa SMPN 1 Widasari Indramayu Tahun Pelajaran 2016/2017 (ibunya menjadi TKW), bagaimana prestasi belajar siswa di SMPN 1 Widasari Indramayu Tahun Pelajaran 2016/2017 (ibunya menjadi TKW), dan apakah terdapat hubungan antara pola asuh dengan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Widasari Indramayu Tahun Pelajaran 2016/2017 (ibunya menjadi TKW). Penelitian ini mengacu pada teori pola asuh Baumrind (otoriter,otoritatif,dan permisif) dalam Santrock (2007) ketiga pola asuh memiliki karakter yang berbeda. Teori prestasi belajar mengacu pada teori prestasi dari Syah (2010) mengacu pada beberapa aspek prestasi. Subjek penelitian ini menggunakan populasi di sekolah tersebut, yaitu siswa kelas VII –VIII yang ibunya menjadi seorang TKW. Metode yang digunakan studi kuantitatif, desain penelitian korelasional. Data di uji menggunakan uji statistik Chi-Square dengan bantuan program statistika SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan nilai Pvalue < α maka Ho ditolak dan Hı diterima. “terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak di sekolah”

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pola asuh; prestasi belajar; tenaga kerja wanita
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:34
Last Modified: 21 Jul 2020 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32045

Actions (login required)

View Item View Item