Peningkatan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy mahasiswa melalui pembelajaran berbasis Duality, Necessity, and Repeated Reasoning (DNR)

Sunandar, Sunandar (2020) Peningkatan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy mahasiswa melalui pembelajaran berbasis Duality, Necessity, and Repeated Reasoning (DNR). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy merupakan faktor penting yang harus dimiliki calon pendidik matematika. Karena itu pembelajaran berbasis DNR menjadi solusi untuk mencapai hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (a) Hasil belajar penalaran matematis mahasiswa pada pembelajaran berbasis DNR dengan pembelajaran konvensional, (b) peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa pembelajaran berbasis DNR lebih baik dibanding pembelajaran konvensional berdasarkan PAM, (c) self-efficacy mahasiswa setelah pembelajaran berbasis DNR dengan pembelajaran konvensional, dan (d) perkembangan kemampuan penalaran matematis mahasiswa pembelajaran berbasis DNR. Adapun penelitian dilakukan pada mahasiswa tingkat satu semester ganjil di salah satu perguruan tinggi di Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non-tes. Hasil penelitian yaitu: (a) Hasil belajar pada pembelajaran berbasis DNR maupun pembelajaran konvensional dikategorikan sedang berdasarkan ratarata N-Gain; (b) peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa pembelajaran berbasis DNR lebih baik dibanding pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM; (c) self-efficacy mahasiswa pembelajaran berbasis DNR maupun pembelajaran konvensional memberikan respon positif; (d) perkembangan kemampuan penalaran matematis mahasiswa kategori PAM tinggi dan rendah dinilai baik sedangkan kategori PAM sedang dinilai cukup berdasarkan analisis lembar kerja mahasiswa dan post-test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Education
Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Sunandar Sunandar
Date Deposited: 27 Jul 2020 06:35
Last Modified: 27 Jul 2020 06:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32021

Actions (login required)

View Item View Item