Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pembuktian geometri berdasarkan Teori Newman

Arifin, Syifa Afidah Nurul (2020) Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pembuktian geometri berdasarkan Teori Newman. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenografi yang bertujuan mengetahui karakteristik, dan penyebab melakukan kesalahan berdasarkan Teori Newman serta mengetahui solusi untuk meminimalisir kesalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan karena analisis kesalahan dalam pembuktian dalam geometri penting agar tidak menimbulkan kesalahan pada mata kuliah geometri lanjutan. Adapun jenis kesalahan berdasarkan Teori Newman yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) kesalahan membaca representasi simbol matematis; (2) kesalahan memahami masalah pembuktian; (3) kesalahan transformasi masalah pembuktian; (4) kesalahan keterampilan proses pembuktian; dan (5) kesalahan penulisan jawaban. Subjek penelitian ini sebanyak 15 mahasiswa serta instrumen yang digunakan yaitu angket, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) sikap kepercayaan diri mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pembuktian geometri bersikap positif; (2) terdapat beberapa karakteristik kesalahan yang dilakukan mahasiswa berdasarkan Teori Newman diantaranya kesalahan dalam menentukan alur pembuktian sesuai prosedur; (3) terdapat beberapa penyebab mahasiswa melakukan kesalahan berdasarkan Teori Newman diantaranya tidak dapat menentukan rencana pembuktian yang sistematis; serta (4) terdapat beberapa solusi untuk meminimalisir kesalahan tersebut diantaranya sering berlatih dengan berbagai jenis soal non-rutin. Hasil tersebut dapat dijadikan bahan diskusi bagi mahasiswa untuk memperbaiki kesalahannya juga memperoleh pemahaman yang mendalam terkait penyelesaian pembuktian geometri, serta bahan diskusi bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Analysis, Theory of Functions
Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Syifa Afidah Nurul Arifin
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:09
Last Modified: 20 Jul 2020 03:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31986

Actions (login required)

View Item View Item