Bimbingan keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini: Penelitian di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Muhsinat Fathul Khair Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Sobariyah, Husna (2020) Bimbingan keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini: Penelitian di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Al-Muhsinat Fathul Khair Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya permasalahan yang beredar dikalangan masyarakat akibat penurunan moral karena kurangnya pemahaman nilai pada anak ditambah perkembangan zaman yang begitu pesat, membuat orang tua khawatir akan masa depan buah hatinya. Memasukan anak ke Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) merupakan salah satu upaya tambahan yang diambil oleh sebagian orang tua guna memaksimalkan serta mengembangkan potensi yang ada pada diri anak. Pemberian pemahaman mengenai nilai-nilai keagamaan diberikan sedini mungkin, hal tersebut diharapkan dapat menjadi bekal serta benteng utama bagi kehidupan yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan keagamaan yang dilaksanakan di TKIT Al-Muhsinat Fathul Khair Cicalengka serta mengetahui hasil dari pelaksnaaan bimbingan keagamaan yang telah dilaksanakan di TKIT Al-Muhsinat Fathul Khair Cicalengka ini. Bimbingan merupakan proses pemberian bantuan dari konselor kepada konseli dalam menggali potensi yang ada pada diri menggunakan teknik dan media tertentu guna mencapai kebahagiaan dalam hidupnya. Kecerdasan spiritual adalah suatu kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah, menuju manusia yang seutuhnya (hanif) dan memiliki pola pemikiran tauhidi serta berprinsip dan menggantungkan apapun hanya kepada Allah SWT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung serta wawancara kepada pihak yang bersangkutan, mulai dari Kepala Sekolah TKIT Al-Muhsinat Fathul Khair Cicalengka, guru dan orang tua murid. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa adanya pelaksanaan bimbingan keagamaan yang dilaksanakan di TKIT Al-Muhsinat Fathul Khair Cicalengka ini membawakan hasil yang cukup baik dan positif bagi anak. Melalui beragam metode yang telah disesuaikan dengan kemampuan anak baik yang dilaksanakan secara individu maupun kelompok memudahkan anak mencerna setiap hal yang disampaikan. Dengan demikian, terlihat adanya capaian dari pelaksanaan bimbingan keagamaan yang telah dilaksanakan berupa adanya perkembangan kecerdasan spiritual yang cukup signifikan pada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Kecerdasan; Spiritual
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Husna Sobariyah
Date Deposited: 21 Jul 2020 04:15
Last Modified: 21 Jul 2020 04:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31931

Actions (login required)

View Item View Item