Implementasi kebijakan retribusi pelayanan parkir di kantor UPT Pengelolaan Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung tahun 2018

Amelia, Dea (2020) Implementasi kebijakan retribusi pelayanan parkir di kantor UPT Pengelolaan Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung tahun 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Kota Bandung adalah salah satu daerah yang memiliki potensi Pendapatan Asli Daerah yang cukup besar, dimana salah satu potensi terbesarnya berasal dari sektor retribusi pelayanan parkir. Dalam memaksimalkan potensi tersebut maka Pemerintah Daerah Kota Bandung mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Retribusi dibidang Perhubungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan retribusi pelayanan parkir di kantor UPT Pengelolaan parkir dinas perhubungan Kota Bandung tahun 2018. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Van meter dan Van Horn yang mempunyai enam faktor yang berperan penting dalam keberhasilan implementasi kebijakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan implementasi kebijakan publik yaitu, ukuran dan tujuan kebijakan, sumberdaya, karakteristik agen pelaksana, sikap atau kecenderungan (disposition) para pelaksana, komunikasi antar organisasi dan lingkungan ekonomi, sosial, dan politik. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan informan serta mengumpulkan dokumen-dokumen yang berkaitan pelaksanaan retribusi pelayanan parkir. Teknik analisis data yang penulis gunakan menggunakan analisis Model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa implementasi kebijakan retribusi pelayanan parkir ditepi jalan umum sejauh ini belum berjalan efektif atau belum sesuai dengan tujuan kebijakan. Adapun hambatan yang timbul dalam mengimplementasikan kebijakan retribusi pelayanan parkir ini antara lain kurangnya sumberdaya yang memadai baik sumberdaya manusia, anggaran, dan waktu, masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan mesin parkir, masih banyaknya praktek parkir liar yang menyebabkan tidak tercapainya target retribusi pelayanan parkir, adanya perbedaan pemungutan dan pembayaran mengenai tarif parkir di lapangan, serta jumlah juru parkir resmi yang terlalu banyak. Adapun upaya yang dilakukan oleh UPT Parkir yaitu melaksanakan tugas dan wewenang sesuai dengan aturan yang berlaku serta menerapkannya sanksi atau hukuman bagi agen pelaksana yang melakukan pelanggaran atau tidak bertanggungjawab terhadap tugasnya dengan harapan para pelaksana yang terlibat mampu lebih tertib dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya berkaitan dengan implementasi kebijakan retribusi parkir. ENGLISH : Bandung City is one of the regions that has a large enough potential of Regional Original Revenue, where one of the biggest potential comes from the parking service levy sector. In maximizing this potential, the Bandung City Government issued Regional Regulation No. 4 of 2017 concerning Transportation and Retribution in Transportation. The purpose of this study was to find out how the implementation of the parking service levy policy at the UPT office of parking management in the city of Bandung in 2018. This research uses the theory put forward by Van meter and Van Horn which has six factors that play an important role in the successful implementation of policies. Factors that influence the success and failure of the implementation of public policies, namely, the size and objectives of the policy, resources, characteristics of implementing agencies, attitudes or dispositions of the implementers, communication between organizations and the economic, social, and political environment. The method used by researchers is a descriptive research method with a qualitative approach. Data collection techniques such as observation, interviews with informants and collecting documents relating to the implementation of parking service fees. The data analysis technique that I use uses Miles and Huberman Model analysis which includes data reduction, data presentation, verification and conclusion. The results of this study state that the implementation of the parking service levies policy on public roads has so far not been effective or not in accordance with the policy objectives. The obstacles that arise in implementing the parking service levies policy include the lack of adequate resources both human resources, budget, and time, lack of public awareness in using parking machines, there are still many illegal parking practices that lead to not achieving the target of parking service fees, there are differences collection and payment of parking fees in the field, and an excessive number of official parking attendants. The efforts made by the Parking UPT are carrying out duties and authorities in accordance with applicable regulations and applying them sanctions or penalties for implementing agents who violate or are not responsible for their duties in the hope that the executors involved are able to be more disciplined in carrying out their duties and obligations related to implementation parking levy policy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Retribusi Parkir
Subjects: Public Finance > Public Finance in Specific Level Areas
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Dea Amelia
Date Deposited: 17 Jul 2020 01:02
Last Modified: 17 Jul 2020 01:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31928

Actions (login required)

View Item View Item