Analisis penggunaan media animasi berbantuan Powtoon untuk pengenalan operasi hitung siswa tunarungu

Mandalawati S, Iis Siti (2020) Analisis penggunaan media animasi berbantuan Powtoon untuk pengenalan operasi hitung siswa tunarungu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan peran media animasi powtoon pada kemampuan untuk menyelesaikan operasi aritmatika matematika. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif sehingga data yang dihasilkan dari proses observasi. Subjek penelitian ini adalah tiga peserta didik kelas VIII SMP-LB tunarungu. Proses pembelajaran dilakukan dengan komunikasi total dan penjelasan. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen lembar pengamatan, instrumen soal tes dan kuesioner terbuka. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif kemudian dikategorikan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan: proses pembelajaran matematika peserta didik tunarungu melalui tahapan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, pemahaman peserta didik tunarungu terhadap operasi hitung termasuk kategori tinggi, peran media animasi powtoon terhadap proses pembelajaran pada aspek keterlibatan termasuk kategori tinggi, peran media powtoon pada aspek sikap, minat dan motivasi termasuk kategori sangat tinggi. Menggunakan media visual yang menarik dapat meningkatkan fokus belajar siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Operasi Hitung;Powtoon;Tunarungu
Subjects: Education > Miscellany of Education
Education > Research and Statistical Methods
Arithmetics > Arithmetic Operations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: iis siti mandalawati
Date Deposited: 16 Jul 2020 08:50
Last Modified: 16 Jul 2020 08:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31918

Actions (login required)

View Item View Item