Penerapan model pembelajaran think pair square berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan kemampuan representasi dan self regulated learning siswa : Penelitian kuasi eksperimen

Faiqoh, Ana (2020) Penerapan model pembelajaran think pair square berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan kemampuan representasi dan self regulated learning siswa : Penelitian kuasi eksperimen. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pendahuluan dengan hasilnya bahwa kemampuan representasi matematis dan Self Regulated Learning (SRL) masih perlu ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah menerapkan model Think Pair Square berbasis Sparkol VideoScribe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Bagaimana gambaran proses pengembangan video animasi berbasis Sparkol VideoScribe; (b) Perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model TPSq-SV, model TPSq, dan konvensional; (c) Perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model TPSq-SV, model TPSq dan konvensional; (d) Apakah peningkatan SRL siswa yang menggunakan model TPSq-SV lebih baik dari model TPSq. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yaitu: (a) Proses pengembangan video animasi berbasis Sparkol VideoScribe menghasilkan video animasi yang layak pakai dalam pembelajaran matematika; (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi siswa, dimana yang menggunakan model TPSq-SV lebih baik dari model TPSq dan konvensional; (c) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa, dimana yang menggunakan model TPSq-SV lebih baik dari model TPSq dan konvensional; (d) Peningkatan SRL siswa yang menggunakan model TPSq-SV tidak lebih baik dari model TPSq, walaupun demikian jika dilihat dari nilai rata-rata peningkatan kelas yang menggunakan model TPSq-SV masih lebih tinggi dibandingkan kelas model TPSq. Dengan demikian, Think Pair Square berbasis Sparkol VideoScribe efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan Self Regulated Learning siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis; Self Regulated Learning; Sparkol VideoScribe; Think Pair Square
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ana Faiqoh
Date Deposited: 16 Jul 2020 03:39
Last Modified: 16 Jul 2020 03:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31909

Actions (login required)

View Item View Item