Aktivitas bimbingan keagamaan dalam mewujudkan kesadaran akhlak terpuji: Penelitian pada geng motor Moonraker Kota Bandung

Umaroh, Aini Dinan (2020) Aktivitas bimbingan keagamaan dalam mewujudkan kesadaran akhlak terpuji: Penelitian pada geng motor Moonraker Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (855kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy

Abstract

Geng motor merupakan sebagai kumpulan penghobi klub sport otomotif yang bertujuan mengekspresikan solidaritas dan kreativitas. Geng motor menunjukan berbagai perilaku yang menyimpang dan melakukan berbagai macam perilaku seperti balap liar, tawuran, dan meminum-minuman yang keras. Oleh karena itu perlunya bimbingan keagamaan agar menyelesaikan permasalahan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, bagaimana program bimbingan keagamaan dalam mewujudkan kesadaran akhlak terpuji, bagaimana proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam mewujudkan kesadaran akhlak terpuji, bagaimana hasil bimbingan keagamaan dalam mewujudkan kesadaran akhlak terpuji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Untuk mengetahui atau menggamabarkan kenyataan dan kejadian yang diteliti sehingga memudahkan penulis untuk mendapatkan data yang objektif dalam rangka mengetahui dan memahami penelitian yang dikaji dan tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini dihasilkan daripengumpulan data primer dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Bimbingan Keagamaan merupakan suatu pemberian bantuan atau layanan pada individu agar dalam kehidupan keagamannya senantiasa selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah Swt, sehingga dapat mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Kesadaran remaja merupakan sifat atau kebiasaan yang sudah tertanam dalam diri manusia dimana seseorang dapat menerima dan memahami dalam situasi dan kondisi apapun. Tingkat kesadaran seseorang dapat terukur pada tindakan yang dilakukan oleh individu tersebut. Akhlak terpuji merupakan sumber ketaatan dan kedekatan kepada Allah. Sehingga mempelajarinya dan mengamalkannya merupakan kewajiban individu setiap muslim. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan penelitian dilakukan pada geng motor moonraker Kota Bandung, waktu pelaksanaan bimbingan keagamaan dilakukan pada hari kamis setelah sholat isya. yang memberikan bimbingan keagamaan yaitu ustadz Evi Effendi. Metode bimbingan keagamaan yang dilakukan adalah dengan metode ceramah, tanya jawab. Materi yang diberikan saat bimbingan keagamaan meliputi, aqidah, akhlak, fiqih. Kualitas pemahaman remaja dan anggota geng motor moonraker terhadap ajaran islam kian berubahh hal ini di tandai dengan mengaplikasikan materi-materi bimbingan keagamaan oleh remaja-remaja geng motor moonraker terhadap kehidupan nyata contohnya dari salah satunya dalam segi ibadah, tidak melakukan hal-hal negatif, berbakti terhadap orang tua, dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial seperti turun kelapangan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Bimbingan Keagamaan; Kesadaran; Akhlak Terpuji
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Aini Dinan Umaroh
Date Deposited: 16 Jul 2020 01:20
Last Modified: 16 Jul 2020 01:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31903

Actions (login required)

View Item View Item