Manajemen peningkatan mutu pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Pekalongan

Rokhim, Abdul (2020) Manajemen peningkatan mutu pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Pekalongan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ COVER TESIS.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (5_BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text (6_BAB II)
6_BAB II.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text (7_BAB III)
7_BAB III.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (8_BAB IV)
8_BAB IV.pdf

Download (975kB) | Preview
[img]
Preview
Text (9_ BAB V)
9_BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Upaya Peningkatan mutu pendidikan dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Perubahan dan perkembangan masyarakat sebagai pelanggan pendidikan menuntut madrasah untuk mampu mengelola lembaganya secara dinamis, kreatif, inovatif. Dengan tujuan mutu pendidikan madrasah tetap terjaga, baik input-proses-output dan outcame-nya sesuai dengan standar mutu nasional (8 SNP) sesuai dengan tuntutan zaman, madrasah telah menerapkan manajemen peningkatan mutu terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan; (1) Apa program yang direncanakan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah di MAN 1 dan MAN 2 Kota Pekalongan; (2) bagaimana pengorganisasianya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 dan MAN 2 (3) bagaimana pelaksanaan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan MAN 1 dan MAN 2 (4) pengendalian peningkatan mutu pendidikan; dan factor pendukung dan penghambat peningkatan mutu pendidikan madrasah pada dua lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, obsevasi non-partisipan, dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependenabilitas, dan confirmabilitas. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis siklus Milles Huberman, proses dimulai reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan pada kasus tunggal, dan selanjutnya dilakukan analisis lintas kasus (constan analysis). Hasil penelitian menunjukkan, peran serta seluruh komponen di Madrasah Aliyah Negeri 1, Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Pekalongan pada aspek perencanaan mengacu pada visi misi madrasah serta mamadukan antara kurikulum madrasah dan kurikulum ma’had. Pelaksanaan dan pengendalian dilakukan oleh seluruh komponen sekolah/madrasah baik di madrasah maupun di Islamic Boarding School dengan dikendalikan oleh kepala Madrasah dan kepala Asrama Islamic Boarding School, demikian pula di Madrasah Aliyah Negeri 2 yang dikendalikan oleh Kepala Madrasah. Dampak pada kelembagaan akreditasi A, kebijakan peningkatan mutu lulusan dan kompetensi Sumber Daya Manusia guru, jumlah pendaftar dan kepercayaan masyarakat meningkat, optimalisasi program kerjasama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Peningkatan Mutu Pendidikan; Madrasah Aliyah
Subjects: General Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Abdul Rokhim
Date Deposited: 10 Jul 2020 01:49
Last Modified: 10 Jul 2020 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31771

Actions (login required)

View Item View Item