Penerapan model superitem untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits: Penelitian tindakan kelas di Kelas V MI Al-Huda Kabupaten Bandung

Ilham, Mohamad (2019) Penerapan model superitem untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits: Penelitian tindakan kelas di Kelas V MI Al-Huda Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terjadi di kelasV MI Al-Huda Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, sebagian siswa tidak bersemangat dan sulit dalam memahami pelajaran sehingga hasil belajar siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimum(KKM). Hal ini disebabkan karena model yang digunakan kurang bervariatif dan guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Superitem pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI Al-Huda Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, 2) Penerapan model Superitempada pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas V MI Al-Huda Kabupaten Bandung,3) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits setelah diterapkan modelSuperitem di kelas V MI Al-Huda Rancaekek Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa ditentukan oleh berbagaifaktor salah satunya adalah penerapan model yang tepat, termasukmodelSuperitem. Berdasarkan asumsi tersebut maka dengan penerapan modelSuperitem diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Al-Huda Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung pada materi surat-surat pendek di MI kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan pelaksanaannya meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Dilengkapi dengan instrumen berupa RPP, silabus, kisi-kisi soal, lembar soal, lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Analisis data menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa 1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Superitemmasih rendah, dengan ketuntasan klasikalnya 12%, dan nilai rata-ratanya 40, masuk kategori kurang, 2) Penerapan modelSuperitem aktivitas guru pada siklus I keterlaksanaannya mencapai80%,masuk kategori baik. Aktivitas guru pada siklus II keterlaksanaannya mencapai 100%, dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I masuk kategori baik, dan pada siklus II masuk kategori sangat baik, 3) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits setelah diterapkan modelSuperitem mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan klasikal 35% dengan nilai rata-rata siswa 48 masuk kategori kurang. Sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal 76% dengan nilai rata-rata siswa 78 masuk kategori baik. Dengan demikian, penelitian menggunakan PTK dan metode Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Superitem; metode; penelitian tindakan kelas; alquar'an hadist
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Diplomas
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Ilham
Date Deposited: 13 Jul 2020 07:43
Last Modified: 13 Jul 2020 07:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31751

Actions (login required)

View Item View Item