Pemberdayaan masyarakat melalui peran tokoh agama dalam meningkatkan pemahaman keagamaan: Studi deskripsi di masyarakat Pattani Thailand selatan

Taleh, Makamae (2020) Pemberdayaan masyarakat melalui peran tokoh agama dalam meningkatkan pemahaman keagamaan: Studi deskripsi di masyarakat Pattani Thailand selatan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena kondisi perilaku keagamaan masyarakat yang sudah tidak sejalan lagi dengan nilai-nilai ajaran Islam. Hal ini disebabkan karena ketidaktahuan mereka mengenai pemahaman keagamaan dan ini ditunjang pula dengan rendahnya tingkat pendidikan serta pemahaman keagamaan di masyarakat, maka menyebabkan pola pikir masyarakat di Kampung Pattani kurang berkembang. Sehingga ketika ada kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh Ustadz setempat mereka kurang merespon terhadap kegiatan tersebut. Peran tokoh agama dalam meningkatkan pemahaman keagamaan sangat berarti bagi penganut agama Islam di wilayah ini, karena di wilayah ini sangat mengharapkan lahirnya intelektual-intelektual muslim yang berperang terhadap Al-Quran dan Sunah. Hal ini dilator belakangi dengan tercetusnya perang Pattani yang memakan korban orang-orang muslim di bawah kekuasaan pemerintah Thai dan semakin maraknya warga yang masih perceya terhadap tahayul dan hal-hal yang berbau syirik. Diri sinilah mengenai pentingnya fungsi peran tokoh agama dalam upaya meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat Kampung Pattani dan agar tercipta semangat rasa persatuan di kalangan kaum muslim. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Alhasil, berdasarkan temuan data Perihal peran para tokoh agama dalam meningkatkan pemahaman keagamaan masyarakat Kampung Pattani, dapat dilihat dari segi pemahaman masyarakat yang berpijak pada nilai-nilai ajaran Islam seta meningkatnya perilaku kagamaan masyarakat dalam hal ibadah baik ibadah ubudiyah maupun ibadah sosial. Selain itu, bertambahnya sarana-sarana keagamaan tempat ibadah umat Islam seperti masjid, mushalla, majlis taklim dan meningkatnya sarana pendidikan agama Islam seperti madrasah dan tadika (Taman Didikan Kanak-kanak). Peningkatan pemahaman keagamaan yang dilakukan para tokoh agama merupakan suatu proses menuju perubahan dalam mengaktualisasikan nilai-nilai keimanan ajaran Islam. Demi tercapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; tokoh agama; pemahaman keagamaan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Makamae Taleh
Date Deposited: 09 Jul 2020 07:04
Last Modified: 09 Jul 2020 07:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31747

Actions (login required)

View Item View Item