Analisis hukum ekonomi syariah terhadap peran Bank Administrator RDN (Rekening Dana Nasabah) konvensional di PT. Indopremier Sekuritas

Nurhayati, Fiska (2020) Analisis hukum ekonomi syariah terhadap peran Bank Administrator RDN (Rekening Dana Nasabah) konvensional di PT. Indopremier Sekuritas. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Bank Administrator RDN merupakan media penyimpanan dana milik investor, dan pada saat ini di Indonesia sudah terdapat tiga Bank Administrator RDN syariah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peraturan mengenai larangan menggunakan jasa keuangan ribawi pada investasi di pasar modal syariah. Seluruh instrumen dan mekanisme dalam pasar modal syariah harus sesuai prinsip syariah. Terdapat Perusahaan Efek yang menggunakan Bank Administaror RDN konvensional pada transaksi jual beli efek syariah. Perusahaan efek yang menyediakan fasilitas SOTS (Sharia Online Trading System) seharusnya seluruh prosesnya telah disesuaikan dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh regulator. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui ketentuan-ketentuan hukum pasar modal syariah dan kaitannya dengan penerapan saham syariah di PT.Indo Premier Sekuritas. (2) Untuk mengetahui sistem perantara penjualan saham syariah di PT Indo Premier Sekuritas. (3) Untuk mengetahui kedudukan hukum penyimpanan RDN (Rekening Dana Nasabah) di konvensional menurut Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia. Penelitian ini berdasarkan atas pemikiran Al Fikri yang membagi fikih muamalah menjadi dua yaitu Al-Muamalah al-Madiyah dan Al-Muamalah al-Adabiyah, karena didalam konsep ekonomi syariah kehalalan harta harus dinilai dari segala sisi, baik dari zat atau objeknya maupun cara memperolehnya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah yuridis-normatif, yaitu menganalisis isi peraturan perundang-undangan berupa peraturan tentang Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) Penelitian ini menyimpulkan (1) Ketentuan hukum pasar modal syariah diantaranya terdapat pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 15 tahun 2015 dan Fatwa DSN MUI Nomor 80 tahun 2011, dan kegiatan investasi pasar modal syariah di PT. Indo Premier Sekuritas sudah menggunakan SOTS (Sharia Online Trading System) begitupun dalam mekanismenya PT.Indo Premier Sekuritas sudah memisahkan dari efek non halal. (2) Sistem perantara penjualan saham syariah di PT. Indo Premier Sekuritas terdapat dua kedudukan PT.Indo Premier Sekuritas sebagai Perusahaan Efek dan Bank Administrator RDN yaitu Bank BCA sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP). PT. Indo Premier Sekuritas bekerja sama dengan Bank BCA sebagai bank penyimpan dana milik nasabah.(3) Kedudukan hukum penyimpanan RDN (Rekening Dana Nasabah) Konvensional menurut aspek yuridis Hukum Ekonomi Syariah adalah tidak sesuai dengan prinsip syariah di pasar modal didasarkan atas kaidah “Apabila berkumpulnya yang halal dengan yang haram, maka yang didahulukan yang haram”. Begitupun dalam regulasi pada Otoritas Jasa Keuangan dan Fatwa DSN-MUI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Administrator RDN; Pasar Modal Syariah; SOTS.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Econmics
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Fiska Nurhayati
Date Deposited: 09 Jul 2020 03:52
Last Modified: 09 Jul 2020 03:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31740

Actions (login required)

View Item View Item