Pengelolaan konten Instagram dalam menjaga citra lembaga: Analisis kualitatif pada Humas PT. Dirgantara Indonesia

Shafa, Risky Nurul (2019) Pengelolaan konten Instagram dalam menjaga citra lembaga: Analisis kualitatif pada Humas PT. Dirgantara Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_Cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (8_DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy

Abstract

Melihat dari zaman yang semakin berkembang dan teknologi yang semakin maju,tidak bias di pungkiri bahwa media sosial adalah salah satu hal yang penting bagi perkembangan sebuah perusahaan. Setiap perusahaan mapun instansi pemerintah pasti memiliki sebuah media sosial dimana khususnya perusahaan BUMN seperti Humas PT.Dirgantara Indonesia (Persero) pasti memiliki media sosial karna hal tersebut merupakan hal yang di wajibkan oleh BUMN untuk selalu melihat perkembangan perushaan atau instansinya melalui media sosial. Adanya media online dan media sosial membantu kerja seorang praktisi humas untuk menjaga citra sebuah perusahaan. Konten instagram merupakan salah satu cara yang dilakukan humas Humas PT.Dirgantara Indonesia (Persero) untuk menjaga citra perushaaan. Media sosial merupakan hal yang penting bagi Humas PT.Dirgantara Indonesia (Persero) karna segala informasi-informasi, berita- berita, kegiatan perusahaan di sampaikan di media sosial. Tujuan dari peneliti ini adalah bagaimana humas Humas PT.Dirgantara Indonesia (Persero) mengelola konten instagram untuk menjaga citra perushaannya. Dan bagaimana cara mengelola konten instagram agar lebih di minati dan di terima oleh publik melalui konnten-konten yang kreatif dan tidak memosankan dan dengan konten instagram lah penyebaran berita atau dan informasi dirasa lebih efektif di terima masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan masalah, peencanaan, pelaksanaan serta evaluasi yang dilakukan oleh praktisi humas Humas PT.Dirgantara Indonesia (Persero) dalam mengelola konten instagram guna menjaga citra lembaga. Konsep yang digunakan dalam penelitina ini yaitu konsep four step public relations atau empat tahapan proses kerja public relations menurut Cutlip dan Center yang didalamnya meliputi pengumpulan data atau pencarian masalah , perencanaan dan program , pelaksanaan atau komunikasi dan aksi , dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis deksriptif kualitatif dengan pendekatan kualitiatif. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, dan observasi dengan tiga informan. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, dapat disimpulkan bahwa praktisi humas Humas PT.Dirgantara Indonesia (Persero) dalam pengelolaan konten instagram guna menjaga citra lembaga menggunakan empat tahapan proses public relations yakni pertama fact finding. Kedua planning,. Ketiga Actions,.Keempat evaluations. Looking at the times that are increasingly developing and increasingly advanced technology, there is no denying that social media is one of the important things for the development of a company. Every company or government agency must have a social media, especially BUMN companies such as Public Relations PT.Dirgantara Indonesia (Persero) must have social media because it is a requirement that SOEs require to always see the development of the company or its institution through social media. The existence of online media and social media helps the work of a public relations practitioner to maintain the image of a company. Instagram content is one of the ways in which Public Relations PT.Dirgantara Indonesia (Persero) public relations conducts to maintain corporate image. Social media is important for Public Relations PT.Dirgantara Indonesia (Persero) because all information, news, company activities are conveyed on social media. The aim of this researcher is how the public relations officer of PT.Dirgantara Indonesia (Persero) manages Instagram content to maintain its corporate image. And how to manage Instagram content so that it is more interested and accepted by the public through creative and nonboring content and with Instagram content the spread of news or information is more effectively accepted by the public. This study aims to determine the determination of the problem, planning, implementation and evaluation conducted by public relations practitioners PT.Dirgantara Indonesia (Persero) in managing Instagram content in order to maintain the image of the institution. The concept used in this research is the concept of four step public relations or four stages of the public relations work process according to Cutlip and the Center which includes data collection or problem search, planning and programming, implementation or communication and action, and evaluation. The research method used in this study is to use qualitative descriptive analysis with a qualitative approach. Data collection used in this study is by interview, and observation by three informants. Based on the results of the field research, it can be concluded that the public relations practitioner of PT.Dirgantara Indonesia (Persero) PR in managing Instagram content in order to maintain the image of the institution using the four stages of the public relations process namely the first fact finding. Second, planning ,. Third Actions, .Four evaluations.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Humas; Pengelolaan; Citra; Lembaga; Instagram;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Risky Nurul Shafa
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:53
Last Modified: 08 Jul 2020 04:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31698

Actions (login required)

View Item View Item