Tata kelola jurnal terbitan berkala ilmiah di Universitas Islam Nahdlatul Ulama pada era milenial: Penelitian di Universitas Islam Nusantara Bandung dan Universitas Islam Malang

Prayoga, Ari (2020) Tata kelola jurnal terbitan berkala ilmiah di Universitas Islam Nahdlatul Ulama pada era milenial: Penelitian di Universitas Islam Nusantara Bandung dan Universitas Islam Malang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (714kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Jurnal di UNINUS yang belum memiliki sumber daya manusia (SDM) pengelola jurnal (editor in chief, dewan redaksi, dan termasuk staf IT) dan hanya memiliki laman open jurnal system (OJS) berjumlah 7 jurnal. Pendanaan yang masuk ke kas pengelola jurnal baru bisa mencukupi biaya operasional insentif untuk para reviewer eksternal kampus. Alokasi pendanaan untuk operasional jurnal di UNISMA hanya diberikan kepada jurnal unggulan yang berjumlah 26 jurnal yaitu 45,61%. Pada 31 jurnal atau 54,39% lainnya belum memiliki pendanaan operasional secara mandiri dan tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis formulasi perencanaan program jurnal TBI, pengelolaan sumber daya manusia peneliti PTINU, formulasi pemenuhan alokasi pendanaan dan fasilitas jurnal, alur dan metode proses pengawasan serta pengendalian pada lembaga pengelola jurnal di perguruan tinggi islam nahdlatul ulama. Grand theory yang digunakan dalam penelitian ini programme management theory dari geoff reiss meliputi: programme planning, resource management, progress monitoring and control. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Administrator Divisi UNINUS dan Rumah Jurnal UNISMA sebagai key informan, kemudian diikuti oleh snowball Process, yaitu sumber data berikutnya diperoleh dari Ketua LPPM, Ketua Pusat Publikasi Ilmiah. Teknik pengumpulan data melalui: Teknik observasi partisipasi aktif; Teknik wawancara wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara yang memuat detail permasalahan; Teknik dokumentasi menyalin profil, program kerja LPPM, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pengelolaan jurnal, surat-surat penugasan editor in chief. Analisis data melalui penelaahan, unitisasi dan kategorisasi data. Hasil penelitian menunjukan; pertama, perencanaan program bersifat Top to Down dilandasi kebijakan jurnal universitas serta yayasan penyelenggara, pola rekrutmen SDM jurnal melalui jejaring kerjasama peneliti di Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU); kedua, pengelolaan sumberdaya meliputi: kegiatan jurnal (pendampingan dan pelatihan), SDM pimpinan jurnal di internal universitas dipilih sesuai jabatan struktural pada tingkat lembaga/fakultas, fasilitas bantuan operasional pendanaan jurnal diklasifikasikan berdasarkan jurnal unggulan (100% dukungan pendanaan) dan non unggulan (swadaya internal jurnal); ketiga pengawasan dilaksanakan secara daring dan tatap muka, program pengendalian dilaksanakan melalui pelaporan hasil pengelolaan jurnal, pengembangan sumberdaya (manusia dan fasilitas) dilaksanakan bersama organisasi keilmuan dan LPTNU, kemitraan yang dijalin dalam pengelolaan jurnal sudah pada tingkat lokal (LPTNU), nasional (PTU/PTKI) dan internasional (PTN Malaysia). Temuan Penelitian: Jejaring rekrutmen SDM jurnal di LPTNU dan pengklasifikasian Jurnal unggulan dan non unggulan di LTPNU.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Jurnal; LPTNU; Manajemen Program; Tata Kelola
Subjects: General Management > Manajement for Specific Organizations
General Management > Education, Research of Management
General Management > Information Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Prayoga
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:24
Last Modified: 27 Jan 2022 04:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31457

Actions (login required)

View Item View Item