Efektivitas pelaksanaan program "ibadah akhlak" dalam membentuk karakter islami untuk mencegah kenakalan siswa di SMA Mathla'ul Anwar Margahayu Kabupaten Bandung

Yusuf, Mahmud (2019) Efektivitas pelaksanaan program "ibadah akhlak" dalam membentuk karakter islami untuk mencegah kenakalan siswa di SMA Mathla'ul Anwar Margahayu Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SMA Mathla‟ul Anwar visi misinya ingin mencetak lulusannya yang rajin beribadah, berakhlakul karimah sehingga dicetuskan “Program Ibadah Akhlak”. Namun realitanya belum maksimal hasilnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis: 1) Apa program; 2) Nilai-nilai karakter Islami yang terdapat dalam pelaksanaan program; 3) Pelaksanaan program; 4) Efektivitas pelaksanaan program ; 5) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program “Ibadah Akhlak” dalam membentuk karakter Islami untuk mencegah kenakalan siswa SMA Mathla‟ul Anwar Margahayu Kabupaten Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Subjek penelitiannya adalah informan meliputi kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum dan kesiswaan, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan mengumpulkan data, reduksi data, analisis, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program “Ibadah Akhlak” dalam membentuk karakter Islami untuk mencegah kenakalan siswa di SMA Mathla‟ul Anwar Margahayu Kabupaten Bandung, yaitu: 1) Program Harian; 2) Program Mingguan; dan 3) Program Bulanan. 2) Nilai-nilai karakter Islami yang terdapat dalam pelaksanaan program “Ibadah Akhlak” untuk mencegah kenakalan siswa di SMA Mathla‟ul Anwar Margahayu Kabupaten Bandung, diantaranya: religius, kedisiplinan, peduli lingkungan, kejujuran, cinta tanah air. 3) Pelaksanaan program “Ibadah Akhlak” dalam membentuk karakter Islami untuk mencegah kenakalan siswa di SMA Mathla‟ul Anwar Margahayu Kabupaten Bandung, yaitu: a)Adanya latar belakang program; b) Perencanaan program; c)Penentuan tujuan; d)Penetuan pelaksanaan program; e) Penentuan cara pencapaian tujuan program; f)Langkah-langkah untuk pencapaian tujuan program. 4)Efektivitas pelaksanaan program “Ibadah Akhlak” dalam membentuk karakter Islami untuk mencegah kenakalan siswa SMA Mathla‟ul Anwar Margahayu Kabupaten Bandung. Dapat dikatakan efektif karena memenuhi tiga indicator, yaitu: pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. 5) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program “Ibadah Akhlak” dalam membentuk karakter Islami untuk mencegah kenakalan siswa SMA Mathla‟ul Anwar Margahayu Kabupaten Bandung. Faktor Pendukung: tingginya komitmen civitas sekolah, suasana sekolah, sarana dan prasarana, peran aktif Yayasan Mathla‟ul Anwar, dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya: kurangnya pendanaan, pola perilaku siswa yang terkadang tidak mematuhi peraturan yayasan, sarana dan prasarana yang tidak terjaga, adanya kebijakan yayasan yang terkadang dinilai sepihak dan jarang bisa diterima oleh masyarakat meskipun itu demi kebaikan yayasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ibadah Akhlak; Karakter Islami; Kenakalan Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahmud Yusuf
Date Deposited: 25 Jun 2020 06:34
Last Modified: 13 Jan 2022 08:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31409

Actions (login required)

View Item View Item