Komunikasi dakwah ahli hikmah dengan pendekatan terapeutik kepada pasien: Studi kasus komunikasi dakwah ahli hikmah di empat Kecamatan Kabupaten Subang

Zulfikar, Muhammad Fachri Misbahuddin (2019) Komunikasi dakwah ahli hikmah dengan pendekatan terapeutik kepada pasien: Studi kasus komunikasi dakwah ahli hikmah di empat Kecamatan Kabupaten Subang. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Muhammad Fachri Misbahuddin Zulfikar: Komunikasi Dakwah Ahli Hikmah Dengan Pendekatan Terapeutik Kepada Pasien (Studi Kasus Komunikasi Dakwah Ahli Hikmah di Empat Kecamatan Kabupaten Subang). Dakwah merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat muslim untuk menyebarluaskan syari’at Islam. Salah satu pendekatan yang bisa dijadikan alternatif dalam menjalankan dakwah adalah terapeutik. Salah satu fenomena dakwah dengan pendekatan terapeutik adalah komunikasi dakwah yang dilakukan oleh ahli hikmah kepada para pasiennya sebagaimana terjadi di kabupaten Subang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan komunikasi dakwah ahli hikmah dengan pendekatan terapeutik di empat kecamatan kabupaten Subang; (2) mengetahui pesan komunikasi dakwah ahli hikmah dengan pendekatan terapeutik kepada pasien di empat Kecamatan kabupaten Subang; (3) mengetahui metode komunikasi dakwah ahli hikmah dengan pendekatan terapeutik kepada pasien di empat kecamatan kabupaten Subang; (4) mengetahui respon pasien terhadap komunikasi dakwah ahli hikmah dengan pendekatan terapeutik di empat kecamatan kabupaten Subang. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dan interaksional dan metode yang dipakai studi kasus (case study). Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan komunikasi dakwah ahli hikmah telah memberikan dampak positif berupa efek (atsar) yang ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap atau tingkah laku pasien yang sesuai dengan tujuan dakwah. Selain itu pasien pada kenyataannya merasa lebih tenang dan tentram setelah mendatangi ahli hikmah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ahli Hikmah, Komunikasi Dakwah dan Pendekatan Terapeutik.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Fachri
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:14
Last Modified: 10 Jun 2020 04:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31188

Actions (login required)

View Item View Item