Nilai solidaritas sosial masyarakat dalam upacara Labuh Saji: Studi kasus masyarakat nelayan di kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Luthfifalah, Abyyu (2020) Nilai solidaritas sosial masyarakat dalam upacara Labuh Saji: Studi kasus masyarakat nelayan di kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari Nilai Solidaritas Sosial Masyarakat dalam Upacara Labuh Saji di Palabuhanratu yang masih Mempertahankan Tradisi Upacara Labuh Saji atau Pesta Rakyat atas Berlimpahnya ikan setiap tahun sebagai wujud rasa syukur dari Masyarakat kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas berkat hasil tangkapan tahun ini yang melimpah, dimana Masyarakat yang ada di lingkungan Pantai Selatan masih percaya terhadap Mitos-mitos yang dianggap sebagai warisan Nenek Moyang terdahulu atau Para Leluhur yang Mewariskanya ke Generasi sekarang. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang terjadinya Nilai Solidaritas Sosial Masyarakat dalam Upacara Labuh Saji di Kecamatan Palabuhanratu. Untuk mengerahui Bentuk-bentuk Nilai dalam Upacara Labuh Saji. Untuk mengetahui peran Masyarakat dalam menanamkan Nilai Solidaritas Sosial dalam Upacara Labuh Saji. Dalam penelitian tentang Nilai Solidaritas Sosial Masyarakat dalam Upacara Labuh Saji, penulis mengacu pada teori solidaritas sosial Emile Durkheim. Solidaritas sosial mekanis cenderung terjadi pada masyarakat desa, sedangkan solidaritas organis cenderung terjadi pada masyarakat kota. Dalam Penelitian ini menggunakan Solidaritas Sosial Organis. Solidaritas Organis adalah Solidaritas Sosial yang berkembang pada masyarakat-masyarakat Kompleks karena saling keterkaitan dan ketergantungan juga mempengaruhi dalam keefisienan kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif, metode ini digunakan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Data ini dihasilkan dari pengumpulan data primer dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, dilengkapi data sekunder berupa referensi dalam bentuk buku-buku yang relefan dengan tema penelitian untuk mendukung data-data dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Nilai Solidaritas Sosial Masyarakat di Palabuhanratu tergolong dalam kegiatan Upacara Labuh Saji yang mencakup kedalam kumpulan tradisi masyarakat Palabuhanratu. Yang melibatkan banyak warga yang ikut berpartisipasi dalam rangkaian upacara tersebut yang dilaksanakan selama satu hari dan didalam upacara ini. Butuh kerja sama antar satu dengan yang lainnya agar setiap rangkaian kegiatanya berjalan dengan lancar. Berdasarkan Adat-istiadatnya Upacara Labuh Saji ini sudah dilakukan secara turun-temurun dari Generasi ke generasi. Adapun bentuk-bentuk nilai dalam Upacara Labuh Saji ini yaitu kebersamaan, kerukunan, toleransi, dan gotong royong, kemudian menumbuhkan rasa Solidaritas antar masyarakat di Palabuhanratu. Adapun Peran para panitia selalu memerintahkan, mendorong, mengingatkan, supaya masyarakat ikut andil dan berpartisipasi dalam kegiatan Upacara Labuh Saji. Kata Kunci: Nilai Solidaritas Sosial,Masyarakat,Upacara Labuh Saji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas; nilai sosial; labuh saji; Upacara adat; nelayan; pelabuhan ratu
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Abyyu Luthfifalah
Date Deposited: 28 May 2020 02:35
Last Modified: 28 May 2020 02:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31070

Actions (login required)

View Item View Item