Praktik pembayaran jual beli dengan hafalan AL-Qurán menurut perspektif hukum ekonomi syariah: Studi kasus di Kedai Mie Ayam Organik Majalengka

Nurjaman, Muhamad Izazi (2020) Praktik pembayaran jual beli dengan hafalan AL-Qurán menurut perspektif hukum ekonomi syariah: Studi kasus di Kedai Mie Ayam Organik Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pemahaman makna jual beli yaitu pertukaran harta dengan harta, harta yang dipertukarkan berupa barang yang dijual (mut|s|man) dan harga (t|s|aman). Namun, di Kedai Mie Ayam Organik Majalengka memberlakukan sebagian pembayaran harganya dengan hafalan Al-Qur’an. Dengan demikian, bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik pembayaran jual beli dengan hafalan Al-Qur’an di Kedai Mie Ayam Organik Majalengka tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pembayaran jual beli dengan hafalan Al-Qur’an di Kedai Mie Ayam Organik Majalengka. Selain itu juga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik pembayaran jual beli dengan hafalan Al-Qur’an di Kedai Mie Ayam Organik Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif (studi kasus), yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menguji secara rinci terhadap satu latar/tempat sebagai subjek dimana terdapatnya penyimpanan dokumen atau tempat terjadinya peristiwa tertentu dan menggambarkan atau mendeskripsikannya ke dalam suatu bentuk analisis secara utuh dan mendalam sebagai suatu kesatuan yang terintegrasi berupa keterangan-keterangan atau penjelasan. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan fakta bahwa pembayaran harga jual beli dengan hafalan Al-Qur’an diqiyaskan dengan pemberian mahar seorang laki-laki kepada seorang perempuan dalam akad pernikahan dengan maksud harus diniatkan untuk mengajarkan Al-Qur’an. Sehingga terdapat upah berupa manfaat dari pengajaran itu yang menjadi harga dalam praktik jual beli tersebut. Secara tidak langsung, pembeli membayar harga dengan jasa yaitu upah mengajarkan Al-Qur’an. Adapun upah berupa manfaat termasuk harta sehingga makna jual beli yang berupa pertukaran harta dengan harta, harta yang dipertukarkan adalah barang yang dijual (mut|s|man) dengan harga (t|s|aman) telah terpenuhi dengan baik, dimana keduanya merupakan bagian dari rukun jual beli dan dalam bisnis harus adanya keuntungan. Namun, sejatinya keuntungan bukan hanya sekedar mencari materi semata melainkan benefit non-materi yang bermuara kepada tatanan bisnis untuk mencapai keberkahan. Dengan demikian, praktik pembayaran harga jual beli dengan hafalan Al-Qur’an (mengajarkan Al-Qur’an) hukumnya sah dan diperbolehkan dengan memperhatikan ketentuan dan batasan yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: jual Beli; Harga; Hafalan Al-Qur'an;
Subjects: Occupational Ethics > Business Ethics
Economic of Land and Energy > Value and Price of Land
Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Muhamad Izazi Nurjaman
Date Deposited: 09 Jul 2020 03:57
Last Modified: 09 Jul 2020 03:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30728

Actions (login required)

View Item View Item