Kualitas pelayanan publik dalam pembelajaran berbasis daring di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019

Syamsir, Ahmad and Nur, Mohamad Ichsana and Wahidah, Idah and Alia, Siti (2020) Kualitas pelayanan publik dalam pembelajaran berbasis daring di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019. Publication. ISSN 1742-6588

[img]
Preview
Text
Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembelajaran Berbasis Daring di Tengah Pandemi Coronavirus Disease 2019.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini, setiap elemen masyarakat diminta untuk dapat menyesuaikan aktivitasnya dengan memperhatikan prinsip physical distancing. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah kemudian membuat suatu kebijakan tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar, yang salah satu implikasinya adalah setiap pihak baik itu dari unsur pemerintah maupun non-pemerintah wajib untuk bekerja dari rumah. Kendati demikian, proses penyelenggaraan pemerintah tersebut harus dipastikan tetap berjalan dengan efektif dan optimal sehingga pelayanan publik yang diberikan tetap berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur tentang e-learning sebagai bagian dari pelaksanaan e-government yang dapat memberikan pelayanan berkualitas di tengah situasi pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Dalam mengumpulkan data penelitian, peneliti memanfaatkan sejumlah literatur baik itu riset kepustakaan maupun riset lapangan, yang sifatnya primer maupun sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi e-government tidak hanya dilakukan di ranah pemerintahan saja, namun juga dapat diterapkan di Perguruan Tinggi yaitu dengan penerapan e-learning dalam proses kegiatan belajar mengajar. Tentu apabila praktik e-government ini dapat berjalan dengan baik, maka para pemangku kepentingan di Perguruan Tinggi pun dapat merasakan kebermanfaatan yang besar sehingga dapat berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang Pendidikan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran secara daring sebagai bagian dari penerapan e-government dapat memberikan kontribusi positif dalam proses kegiatan belajar mengajar, dan menjadi media yang relevan untuk menciptakan kualitas pelayanan optimal kepada mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan publik; e-government; e-learning; perguruan tinggi;covid-19.
Subjects: Public Administration
Public Policy Issues in Education > Public Policy Issues in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Idah Wahidah
Date Deposited: 03 May 2020 12:26
Last Modified: 25 Sep 2020 18:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30678

Actions (login required)

View Item View Item