Menelusuri pengaruh pembaharuan di Mesir terhadap tradisi tafsir di Nusantara : Kajian terhadap tafsir Qur'an Karim karya Mahmud Yunus

Anwar, Rosihon and Muhyi, Asep Abdul and Riyani, Irma and Solahuddin, Muhammad (2020) Menelusuri pengaruh pembaharuan di Mesir terhadap tradisi tafsir di Nusantara : Kajian terhadap tafsir Qur'an Karim karya Mahmud Yunus. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN SGD Bandung. ISSN - (Submitted)

[img]
Preview
Text
MENELUSURI PENGARUH PEMBAHARUAN DI MESIR.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Kajian tafsir di Indonesia memiliki keterkaitan yang erat dengan pemikiran tafsir di Timur Tengah. Hal ini dapat difahami karena banyak ulama Indonesia belajar di sana terutama Haramayn dan Mesir. Salah satu ulama yang memiliki keterpengaruhan tersebut adalah Mahmud Yunus yang sempat belajar di Al-Azhar, Kairo, Mesir. Secara spesifik, Yunus banyak mengadopsi pemikiran pembaharuan dari tokoh pembaharu Mesir yakni M. Abduh. Penelitian ini bermaksud menelusuri keterpengaruhan pemikiran pembahruan Mahmud Yunus dalam karya Tafsirnya Qur’an Karim dari pemikiran pembaharuan M. Abduh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggali kajian pustaka atas naskah tafsir Mahmud Yunus dan Al-Manar dengan menggunakan analisi isi dan historis. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pembaharuan Abduh terlihat dalam penafsiran yang dilakukan oleh Mahmud Yunus dalam Tafsirnya berkaitan dengan beberapa aspek di antaranya adalah: penolakan atas taqlid, bid’ah dan khurafat, rasionalitas atas beberapa pemahaman yang bersifat mitis dan kesesuaian antara al-Qur’an dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan masyarakat. ENGLISH : Qur’anic Interpretation in Indonesia has long been interconnected with the tradition in the Middle East, especially in Haramayn and Egypt. Many Indonesian studied many Islamic disciplines from prominent ulama in these regions. One of them is Mahmud Yunus, who studied at Al-Azhar University, Cairo. He was influenced by the prominent ulama of Al-Azhar, i.e., M. Abduh. Abduh is famous for his thought of Islamic revivalism. This research investigates the possible influence of Abduh’s reform thought to Mahmud Yunus Qur’anic interpretation, which called tafsir Qur’an Karim. This research employs a qualitative method with historical and content analysis to analyze the data. This research shows that Mahmud Yunus is influenced significantly by Abduh’s reform thought and can be seen from Yunus’ interpretation in his tafsir. The influence includes combating blind taqlid (unquestioning acceptance of religious thoughts), the rationality of mythical understanding, and the belief that the Qur’an is compatible with science and the changing social reality.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tafsir; nusantara; pembaharuan
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Miss Irma Riyani
Date Deposited: 03 May 2020 05:55
Last Modified: 03 May 2020 05:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30649

Actions (login required)

View Item View Item