Pengembangan tahfizh Al-Qur'an: metode, media, dan evaluasi

Anwar, Cecep and Suhendi, Saca and Sobandi, Oban and Sofyan, Muhammad (2020) Pengembangan tahfizh Al-Qur'an: metode, media, dan evaluasi. In: KTI LP2M. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (KTI Fakultas Tarbiyah dan keguruan pada masa Corona dengan judul pengembangan tahfizh al-quran: metode, media, dan evaluas. Oleh Dr. Cecep Anwar, Dr. Saca Suhendi, Oban Sobandi, Muhammad Sofyan)
Cecep Anwar, Saca Suhendi, Oban Sobandi, Muhammad Sofyan - Pengembangan Tahfizh al-Qur’an Metode, Media, dan Evaluasi.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

INDONESIA: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode, media, dan evaluasi sebagai alternatif pengembangan Tahfizh Al-Qur’an pada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian menggunakan metode kepustakaan dengan mengumpulkan bahan-bahan penelitian yang relevan dengan tema baik berupa buku, jurnal, artikel, maupun catatan-catatan. Berdasarkan penelusuran terhadap sumber-sumber data ditemukan beberapa alternatif pengembangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi perkembangan tahfizh Al-Qur’an di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pertama, aspek metode. Perlu diperkuat metode pembelajaran dengan memperhatikan teori tahfizh dan teori takrir. Kedua, aspek media. Pembelajaran tahfizh dapat ditunjang dengan media audio maupun visual. Ketiga, aspek evaluasi. Indikator-indikator dalam penilaian perlu diperkuat baik pada bidang tahsin maupun bidang tahfizh sehingga tercipta penilaian yang efektif dan efisien. ENGLISH: This study aims to describe the methods, media, and evaluation as an alternative to the development of Tahfizh Al-Qur'an at the students of the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of UIN Sunan Gunung Djati Bandung. The research method uses the literature method by gathering research materials that are relevant to the theme in the form of books, journals, articles, and notes. Based on a search of data sources, several alternative developments were found that could be taken into consideration for the development of the Al-Qur'an tahfizh at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. First, the method aspect. Learning methods need to be strengthened by paying attention to the theory of tahfizh and takrir theory. Second, the media aspect. Tahfiz learning can be supported by audio and visual media. Third, the evaluation aspect. Indicators in the assessment need to be strengthened in both the tahsin and tahfizh fields so that an effective and efficient assessment is created.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an; Pengembangan; Metode; Media; Evaluasi
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Sofyan
Date Deposited: 01 May 2020 01:10
Last Modified: 01 May 2020 01:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30597

Actions (login required)

View Item View Item