Tinjauan kurikulum dan model pembelajaran di era digital

Nuryantini, Ade Yeti and Handayani, Wahyuni and Yuningsih, Endah Kurnia and Suhendi, Herni Yuniarti (2020) Tinjauan kurikulum dan model pembelajaran di era digital. e-book/e-journal LP2M, xxxx (xx). pp. 1-7. ISSN 25497111

[img]
Preview
Text
Artikel Karya Ilmiah FINAL2 era digital.pdf

Download (247kB) | Preview
Official URL: https://www.perspektif.uinsgd.ac.id/index.php/JP

Abstract

Dunia Pendidikan perlu menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan di era digital. Makalah ini mengupas tentang jenis kurikulum dan model pembelajaran multirepresentasi yang diperlukan untuk menghantarkan generasi yang relevan untuk menghadapi perkembangan dunia. Kajian topik dilakukan dengan metoda tinjauan literatur sistematis. Berbagai informasi tentang kurikulum dan model multirepresentasi telah berhasil dikumpulkan dari sumber online maupun offline berupa buku, jurnal, prosiding dan sumber lain dari internet. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum di era digital harus mampu membawa peserta didik untuk beradaptasi dengan literasi digital, memiliki keterampilan, pengetahuan, dan pemahaman yang kritis, kreatif, cerdas dan aman terhadap teknologi digital dan mampu menghantarkan peserta didik untuk memiliki kualitas moral dan nilai-nilai baik bagi kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara. Salah satu model belajar yang memanfaatkan teknologi secara optimal adalah multirepresentasi. Teknologi digital digunakan untuk menyajikan representasi yang berbeda untuk membantu menyajikan gambaran yang lebih lengkap daripada hanya menggunakan satu jenis representasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kritis; kreatif; literasi digital; moral; nilai;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ade Yeti Nuryantini
Date Deposited: 30 Apr 2020 03:40
Last Modified: 16 May 2020 05:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30571

Actions (login required)

View Item View Item