Konsep praktik microteaching berbasis E-learning pada masa pandemi COVID-19

Sari, Sari and Windayani, Neneng and Jihad, Asep and Kuntadi, Dedi Konsep praktik microteaching berbasis E-learning pada masa pandemi COVID-19. LP2M. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full Text)
Artikel_KTI_K32_Sari dkk..pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan konsep, tahapan-tahapan kegiatan serta penilaian praktik microteaching pada masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematik dengan pendekatan tahap demi tahap melalui penyediaan daftar selengkap mungkin semua studi, baik yang diterbitkan maupun tidak, berkaitan dengan elearning dan microteaching pada bidang MIPA. Microteaching merupakan kegiatan simulasi mengajar yang disederhanakan, dengan tujuan mahasiswa memiliki keterampilan dasar membuka dan menutup pelajaran. Melalui langkah-langkah praktik microteaching yang dilakukan persiapan pelaksanaan praktik microteaching, mengajar, memberikan umpan balik, dari umpan baik yang diberikan observer atau dosen pembimbing maka mahasiswa merencanakan ulang pembelajaran, mengajarkan ulang, dan memberikan umpan balik ulang. Tahapan penilaian micro teaching dimulai dengan peserta menyerahkan tugas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui fitur assignment untuk mendapatkan feedback dari supervisor. Setelah RPP diperbaiki selanjutnya peserta melakukan praktik microteaching dan merekamnya dalam format video, kemudian mengirimkan video atau link video tersebut pada fitur forum yang telah disetting sedemikian rupa sehingga teman sejawat praktikan dapat memberikan komentar dan penilaian (ratings) berdasarkan format observasi yang disediakan supervisor pada forum yang disediakan. Upaya yang telah dilakukan UIN Sunan Gunung Djati Bandung secara institusional telah menyediakan fasilitas elearning pada laman lms.uinsgd.ac.id, termasuk untuk mata kuliah praktik microteaching.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: COVID-19; E-learning; Microteaching; Penilaian; Praktik
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr. Neneng Windayani
Date Deposited: 29 Apr 2020 00:23
Last Modified: 29 Apr 2020 00:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30551

Actions (login required)

View Item View Item