Manajemen peningkatan kompetensi lulusan di madrasah: Penelitiaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pangandaran

Maesaroh, Siti (2017) Manajemen peningkatan kompetensi lulusan di madrasah: Penelitiaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan mengalami proses modernisasi yang berlangsung secara terus menerus. Madrasah dituntut untuk unggul khususnya pada bidang sains dan dilihat dari realita yang ada bahwa prestasi yang cukup rendah dan belum maksimal maka perlu adanya program peningkatan kompetensi lulusan khususnya pada Mata Pelajaran Sains. Secara perlahan namun pasti, madrasah berupaya mengadaptasi tuntutan tersebut. Peningkatan kompetensi siswa tidak bisa dipandang secara pragmatis, terpisah dari bagian-bagiannya yang utuh. Peningkatan kompetensi siswa harus dilihat menggunakan pendekatan sistem, menyeluruh, utuh dan tidak terpisah-pisah dari bagian-bagiannya. Oleh sebab itu madrasah selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas diri dan pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik semaksimal mungkin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kompetensi lulusan madrasah khususnya pada Mata Pelajaran Sains, kebijakan peningkatan kompetensi lulusan madrasah pada Mata Pelajaran Sains, perencanaan peningkatan kompetensi lulusan madrasah pada Mata Pelajaran Sains, pelaksanaan peningkatan kompetensi lulusan madrasah pada Mata Pelajaran Sains, serta faktor pendukung dan faktor penghambat peningkatan kompetensi lulusan madrasah pada Mata Pelajaran Sains. Kajian teori yang digunakan adalah konsep dasar manajemen, pengertian Standar Kompetensi Lulusan serta ruang lingkup standar kompetensi lulusan dan Teori Pembelajaran Sains/IPA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif . Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan penyajian data. Adapun uji absah data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif, member check, uraian rinci dan auditing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTs Negeri 1 Pangandaran berhasil melakukan peningkatan kompetensi lulusan pada Mata Pelajaran Sains. Wujud nyata keberhasilan tersebut berupa profil kompetensi lulusan madrasah pada mata pelajaran sains dilihat dari nilai ujian nasioanl dalam kurun waktu tiga tahun terus mengalami peningkatan, kebijakan kompetensi lulusan madrasah dengan meningkatkan potensi guru, tahap perencanaan peningkatan kompetensi lulusan madrasah dengan menganalisis standar kompetensi lulusan, pada tahap pelaksanaan peningkatan kompetensi lulusan dimulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran, serta faktor pendukung dalam peningkatan kompetensi lulusan madrasah ialah lebih pada motivasi yang ada dalam diri peserta didik karena motivasi mampu menciptakan situasi dalam diri untuk berbuat dan berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki. Faktor penghambat dalam peningkatan kompetensi lulusan lebih pada sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen; peningkatan kompetensi; lulusan
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 02 Apr 2020 07:53
Last Modified: 02 Apr 2020 07:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30407

Actions (login required)

View Item View Item