Dimensi dakwah melalui media instagram: Analisis isi videogram pada akun instagram @fuadbakh

Paraswati, Vellyana (2017) Dimensi dakwah melalui media instagram: Analisis isi videogram pada akun instagram @fuadbakh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Dakwah sejatinya adalah mengajak manusia kepada kebaikan. Seiring perkembangan zaman, dakwah tidak hanya dilakukan dengan ceramah diatas mimbar. Saat ini dakwah dapat dilakukan dengan menggunakan internet dengan fasilitas media sosial. Media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan adalah Instagram, dengan fitur menggunggah foto dan video menjadikan media sosial ini diminati oleh semua kalangan. Fuad seorang editor televisi memanfaatkan kecangihan akun ini dengan membuat akun instagram @fuadbakh. Kemampuan mengedit yang dimiliki Fuad digunakannya untuk mengedit video dan diunggah ke Instagram. Video yang di unggahnya adalah video drama korea yang sedang booming dimasa sekarang. Video drama korea yang sudah melalui tahap editing lalu diberi dubbing dan subtitle berbahasa Indonesia serta disisipi oleh muatan dakwah. Dengan cara demikian dakwah mudah untuk diterima disemua kalangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran admin sebagai dai dalam akun instagram @fuadbakh, respon mad’u, metode dakwah dan pesan dakwah yang disampaikan oleh akun instagram @fuadbakh. Penelitian ini bertitik tolak pada dimensi dakwah yang mencangkup dai, mad’u, metode, pesan, dan media. Untuk mendalami penelitian ini menggunakan teori citra da’i dan teori S-M-C-R Berlo untuk menjawab semua permasalah yang ada dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Metode ini digunakan untuk menganalisis, menguraikan, memahami dan menjelasan tentang permasalahan dimensi dakwah yang terdapat dalam penelitian ini. Penelitian ini menempuh langkah-langkah sebagai berikut: menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, dan menganisis data untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran admin sebagai da’i dalam instagram @fuadbakh sangat besar. Da’i dalam akun @fuadbakh merupakan pengingat akan perbaikan akhlak serta pola hidup masyarakat agar lebih baik. Sebagai motivasi untuk orang lain agar ikut berkontribusi dalam dakwah islam. Metode dakwah yang digunakan adalah metode video, metode tulisan dan dengan metode diskusi atau seminar. Sedangkan pesan dakwah yang disampaikannya bersumber dari Al-quran dan As-sunnah. Pesan dakwahnya terbagi atas Pesan dakwah akidah, ibadah, dan akhlak. Pesan dakwah yang paling banyak diunggah oleh akun @fuadbakh adalah pesan akidah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: dimensi dakwah; instagram; media sosial; analisis isi
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet Discussion Group
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 31 Mar 2020 09:00
Last Modified: 31 Mar 2020 09:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30390

Actions (login required)

View Item View Item