Analisis nilai penyusutan aset tetap gedung dan bangunan sekretariat dinas menggunakan metode garis lurus pada kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor

Nurjanah, Siti (2017) Analisis nilai penyusutan aset tetap gedung dan bangunan sekretariat dinas menggunakan metode garis lurus pada kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Penurunan nilai maupun manfaat suatu aset, khususnya aset tetap dapat mengunakan metode penyusutan pada aset tetap. Metode penyusutan ini digunakan untuk mengetahui tingkat penyusutan terhadap suatu aset tetap dengan langkah-langkah dan prosedur yang mengacu pada peraturan pemerintah maupun teori para ahli. Dalam buku Mursyidi (Mursyidi,2009: 212) Penyusutan adalah penyesuaian nilai sehubungan dengan penurunan kapasitas dan manfaat dari suatu aset. Dari sudut pandang penulis, penyusutan dilakukan untuk mengetahui nilai suatu aset karena manfaat atau kapasitas dari aset tetap semakin lama semakin menurun karena penggunaannya dalam kegiatan pemerintah sehingga nilai aset tetap tersebut mengalami penurunan. Dalam BULTEK 05 tentang Penyusutan, terdapat tiga metode Penyusutan yaitu metode Garis Lurus, metode Saldo Menurun Ganda, dan metode Unit Produksi. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan verifikatif untuk menemukan nilai penyusutan aset tetap gedung dan bangunan serta selisih antara kedua data. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pengumpulan data, identifikasi data, klasifikasi data, serta analisis data Penyusutan Aset Tetap menggunakan Metode Garis Lurus. Dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti, ditemukan hasil nilai Penyusutan menggunakan metode Garis Lurus dengan data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Total Biaya penyusutan Tahun 2013-2017 dengan metode Garis Lurus adalah 1.200.415.377 sedangkan data dari Dinas Pendidikan yaitu 1.318.141.699. Dari kedua hasil tersebut terdapat selisih hasil penyusutan yaitu sebesar 117.726.322. Adanya selisih tersebut disebabkan perbedaan nilai masa manfaat aset dan peningkatan nilai masa manfaat aset mengacu pada peraturan menteri keuangan republik Indonesia nomor 1/PMK.06/2013.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: aset tetap; metode garis lurus; data penyusutan
Subjects: Public Administration
Specific Field of Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 31 Mar 2020 08:31
Last Modified: 31 Mar 2020 08:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30387

Actions (login required)

View Item View Item