Strategi Pengembangan Kurikulum dan Sarana Prasarana Ma’had Aly Pondok Quran Bandung

Hidayat, Ara and Seftiani, Rizka Dwi (2018) Strategi Pengembangan Kurikulum dan Sarana Prasarana Ma’had Aly Pondok Quran Bandung. Manageria: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (2). pp. 313-339. ISSN 2502-9223

[img] Text
1539

Download (2kB)
Official URL: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya tentang perencanaan strategik untuk mendirikan Ma’had Aly Pondok Quran di Kabupaten Bandung. Penelitian ini fokus pada kurikulum dan sarana prasarana di Ma’had Aly Pondok Quran Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Prosedur yang digunakan dalam menganalisis data dengan menggunakan ringkasan analisis faktor strategis. Subjek penelitian pada Mudir Ma’had Aly Pondok Quran, Muhafizh, Penanggungjawab Pengembangan SDM dan sarana prasarana, serta dua puluh mahasantri Ma’had Aly Pondok Quran. Hasil penelitian menunjukan bahwa standar isi materi di kurikulum Ma’had Aly masih perlu ditambah dan disesuaikan untuk menunjang legalitas Ma’had Aly. Materi yang perlu ditambahkan di Ma’had Aly Pondok Quran adalah Manhaj Dakwah, Tafsir, Ulumul Qur’an beserta cabang-cabang ilmunya, Tauhid, Fiqh Ibadah, Komputer, Bahasa Inggris, danMetodologi Penelitian. Sedangkan sarana prasarana Ma’had Aly Pondok Quran yang menjadi prioritas dalam pembangunan adalah asrama pesantren putra dan kelas-kelas untuk menunjang pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kurikulum
Subjects: Curricula > Curriculum Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Jajang Burhanudin
Date Deposited: 23 Mar 2020 09:16
Last Modified: 23 Mar 2020 09:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30326

Actions (login required)

View Item View Item