Penerapan model Active Learning tipe Role Revesal Question untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis

Sahroji, Iwan (2019) Penerapan model Active Learning tipe Role Revesal Question untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena perlu ditingkatkannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di MTs As Suruur Bandung. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan menerapkan model Active Learning Tipe Role Reversal Question. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan model Active Learning Tipe Role Reversal Question dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas dan data yang diperoleh menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan nontes berupa angket skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan Active Learning Tipe Role Reversal Question dengan model konvensional. (b) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang Active Learning Tipe Role Reversal Question dengan model konvensional. (c) Siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan Active Learning Tipe Role Reversal Question. Dengan demikian, model Active Learning Tipe Role Reversal Question efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap positif dalam pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Active Learning; Role Revesal
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Iwan Sahroji
Date Deposited: 03 Jun 2020 03:10
Last Modified: 03 Jun 2020 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30288

Actions (login required)

View Item View Item