Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli makanan tanpa adanya pencantuman harga di Warung Nasi Khas Sunda Panyawangan Punclut

Rosdianty, Novi Sri (2019) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli makanan tanpa adanya pencantuman harga di Warung Nasi Khas Sunda Panyawangan Punclut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli merupakan kegiatan yang dikaji dalam Fiqh Mu’amalah yang erat kaitannya dengan bisnis dan perniagaan. Zaman sekarang bisnis kuliner sangatlah menjanjikan. Banyak berdiri berbagai usaha kuliner, salah satunya adalah Warung Nasi Khas Sunda Panyawangan Punclut, disana menjual banyak jenis makanan dan tempat yang nyaman untuk dikunjungi. Tetapi, terdapat kejanggalan dalam sistem jual beli tersebut yaitu tidak dicantumkannya harga makanan yang tertera di daftar menu, sehingga dapat dikatakan bahwa jual beli tersebut mengandung unsur ketidak jelasan dan tidak tranparasi serta bertentangan dengan asas mu’amalah yang mengakibatkan kefasidan akad. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan jual beli makanan di Warung Nasi Khas Sunda Panyawangan Punclut, dan bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli makanan di Warung Nasi Khas Sunda Panyawangan Punclut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan jual beli di warung nasi tersebut dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli tersebut. Al-Qur’an,dan Hadits menjelaskan bahwa jual beli harus atas dasar suka sama suka, kaidah fiqh juga menjelaskan bahwa hukum asal dari transaksi adalah keridhoan kedua beah pihak yang berakad. Dalam Pasal 29 KHES dijelaskan bahwa akad yang sah adalah unsur akad yang disepakati dalam perjanjian, tidak mengandung unsur ghalath atau khilaf, dilakukan dibawah krah atau paksaan, taghrir atau tipuan, dan ghubn atau penyamaran. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara kepada para responden serta melakukan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan jual beli makanan tanpa pencantuman harga di Warung Nasi Khas Sunda Panyawangan Punclut akadnya fasid, karena syarat dan rukun akad terpenuhi tetapi ada unsur ketidak jelasan atau gharar dan memicu hilangnya asas suka sama suka antara kedua belah pihak. Jika akad tersebut fasid, maka barang yang dijual belikan tidak terjadi pemindahan kepemilikan dan dapat dikatakan makanan tersebut menjadi haram li ghairihi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: jual-beli; makanan; harga
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Econmics
Law
Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Bisnis Syariah dan Perbankan Syariah
Depositing User: Novi Sri Rosdianty
Date Deposited: 08 Jul 2020 00:49
Last Modified: 08 Jul 2020 00:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30286

Actions (login required)

View Item View Item