Upaya meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui bermain halang rintang: Penelitian tindakan kelas pada Kelompok B RA YTI Sukamerang Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut

Salsabiela, Nur Assyifa Raisa (2019) Upaya meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui bermain halang rintang: Penelitian tindakan kelas pada Kelompok B RA YTI Sukamerang Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan terdapat beberapa permasalahan mengenai kecerdasan kinestetik anak, diantaranya anak belum mampu mengikuti kegiatan fisik, anak belum mampu berlari dengan cepat, serta melompat dengan baik. Penyebab dari permasalahan ini adalah guru lebih mengembangkan kecerdasan akademis dalam proses pembelajaran, serta penggunaan media yang kurang menarik bagi anak. Oleh karena itu, perlu digunakan sebuah metode yang dapat menstimulasi kecerdasan kinestetik anak disertai media yang menarik. Salah satunya melalui bermain halang rintang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kecerdasan kinestetik anak sebelum diterapkan bermain halang rintang; 2) Proses penerapan bermain halang rintang untuk eningkatkan kecerdasan kinestetik anak di setiap siklus; 3) Kecerdasan kinestetik anak setelah diterapkannya bermain halang rintang di setiap siklus pada kelompok B RA YTI Sukamerang Garut. Penelitian ini didasarkan pada suatu pemikiran bahwa penggunaan media atau permainan yang tepat juga menarik minat anak, dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Bermain halang rintang merupakan permainan yang sesuai dengan karakteristik anak, sangat mudah dipahami oleh anak, mempunyai variasi permainan yang membuat anak mengeksplorasi dirinya, anak bebas bergerak sehingga anak tetap semangat dan kecerdasan kinestetik anak akan meningkat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas melalui pendekatan kolaboratif. Penelitian ini terdiri dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua tindakan. Subyek penelitian ini adalah 18 anak di kelompok B RA YTI Sukamerang Garut yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, unjuk kerja dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan kinestetik anak pada pra tindakan memperoleh nilai rata-rata sebesar 34 dengan kriteria gagal. Proses penerapan bermain halang rintang dilihat dari aktivitas guru dan anak menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 90% dengan kriteria sangat baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 97% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula aktivitas anak pada siklus I sebesar 92 dengan kriteria sangat baik, dan meningkat pada siklus II menjadi 97 dengan kriteria sangat baik. Adapun kecerdasan kinestetik anak setelah diterapkan bermain halang rintang diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 83 dengan kriteria sangat baik dan meningkat menjadi 90 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, artinya bermain halang rintang terbukti dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini pada kelompok B RA YTI Sukamerang Kabupaten Garut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan kinestetik; bermain halang rintang; kelompok B RA YTI Sukamerang
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Raisa Nur Assyifa Salsabiela
Date Deposited: 22 Jun 2020 07:22
Last Modified: 22 Jun 2020 07:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30220

Actions (login required)

View Item View Item