Implementasi kebijakan peraturan daerah Kabupaten Sumedang tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga di TPS 3R Mitra Sehati Kecamatan Tanjungsari

Maghfirani, Fadiyah Oktavian (2019) Implementasi kebijakan peraturan daerah Kabupaten Sumedang tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga di TPS 3R Mitra Sehati Kecamatan Tanjungsari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

Implementasi Kebijakan Pelayanan Pengelolaan sampah di TPS 3R Mitra Sehati Puskopad telah dilaksanakan sesuai dengan dimensi pada penyediaan pengelolaan sampah skala kawasan, tetapi dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya optimal sehingga tidak sepenuhnya masyarakat merasa puas karena masih ada pelayanan pengelolaan yang belum maksimal. Penulis menduga hal tersebut disebabkan karena kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas kebersihan, penyediaan alat dan mesin pengelolaan sampah serta kurangnya pengawasan dari penanggungjawab yang terkait. Atas dasar fenomena itulah yang melatarbelakangi penulis menyusun penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar implementasi dari kebijakan Peraturan Daerah mengenai pengelolaan sampah skala kawasan. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori dari Van Metter dan Van Horn yang terdiri dari enam faktor, yaitu sasaran kebijakan, sumber daya, karakteristik organisasi, sikap para pelaksana, komunikasi antar organisasi dan lingkungan sosial, ekonomi dan politik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualititatif, data yang dikumpulkan melalui wawancara, studi kepustakaan atau dokumentasi dan studi lapangan melalui observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pengelolaan sampah sejenis rumah tangga di TPS 3R Mitra Sehati Puskopad dalam pelaksanaannya masih belum maksimal, program pemilahan sampah skala rumah tangga masih belum dilaksanakan warga, kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh pihak pengelola juga kurang maksimal serta pemanfaatan mesin pemilahan dan penggilingan sampah juga tidak berjalan. Saran yang bisa disampaikan penulis ialah kegiatan sosialisasi minimal setiap RT dilaksanakan, penyediaan sarana pemilahan sampah juga disediakan, mengadakan program bank sampah serta memaksimalkan penggunaan mesin pencacah, pemilah dan giling sampah agar sampah tidak menumpuk dan mencemari lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi;Kebijakan;Pengelolaan Sampah
Subjects: Public Administration > Research, Related Topics
Environmental Protection Engineering > General Sanitary
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: fadiyah oktavian maghfirani
Date Deposited: 11 Mar 2020 03:03
Last Modified: 11 Mar 2020 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30198

Actions (login required)

View Item View Item