Pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan di PT. Ultra Jaya Milk Industri, Tbk. Kabupaten Bandung Barat

Abdullathif, Thorif (2015) Pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan di PT. Ultra Jaya Milk Industri, Tbk. Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Dalam era globalisasi ini, setiap perusahaan bersaing meningkatkan produktivitas perusahaan dengan menyelenggarakan berbagai program yang tersusun. Untuk meningkatkan produktivitas perusahaan salah satunya adalah kinerja karyawan, karena dengan kinerja karyawan yang tinggi, maka tujuan perusahaan akan tercapai. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah lingkungan kerja. Dua jenis lingkungan kerja menurut wursanto (2005: 287) yaitu lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik. Penelitian ini dilakukan di PT. Ultra Jaya Milk Industri, Tbk. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan secara parsial dan simultan. Lingkungan kerja fisik adalah segala sesuatu yang menyangkut segi fisik dari lingkungan kerja yang terdiri dari keadaan bangunan, fasilitas dan etak gedung. Sedangkan lingkungan kerja non fisik merupakan kondisi lingkungan kerja yang menyangkut segi psikis dari lingkungan kerja yang terdiri dari perasaan aman, loyalitas dan perasaan puas. Selanjutnya menurut A.W. Smith (1982: 393) kinerja merupakan hasil keluaran dari suatu proses yang terdiri dari kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan dan komunikasi. Desain penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan kuisioner tertutup. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 94 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode statistik deskriptif yang menggunakan alat analisis regresi berganda dan data diolah dengan program SPSS (Statistical Product Service Solution) Versi 18.0 yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan kerja fisik berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Ini dibuktikan dengan koefisien korelasi seberas 0,494 dan hasil uji t yang menunjukan t hitung > nilai t tabel atau 3,104 > 1,664 sig 0,000. Selain itu lingkungan kerja non fisik berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Ini dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,676 dan hasil uji t yang menunjukan t hitung > nilai t tabel atau 6,995 > 1,664 sig 0,000. Secara simultan lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan persamaan regresi ganda Y = 17,588 + (0,327) X1 + (0,657) X2 dilihat dari hasil R-square sebesar 50,83% dan uji F yang menyatakan F hitung > F tabel atau 47,094 > 3,099 sig 0,000.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: lingkungan kerja; fisik; non fisik; kinerja karyawan
Subjects: General Management > Personnel Management
General Management > Job Analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:45
Last Modified: 10 Mar 2020 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30165

Actions (login required)

View Item View Item