Pengaruh goal orientation dan dukungan sosial teman sebaya terhadap self regulated learning: Pada Santri Pondok Pesantren Modern SMP Plus Al Aqsha Jatinangor

Sari, Dimas Puspita (2017) Pengaruh goal orientation dan dukungan sosial teman sebaya terhadap self regulated learning: Pada Santri Pondok Pesantren Modern SMP Plus Al Aqsha Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)

Abstract

Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal diperlukan strategi belajar yang benar, yaitu dengan melakukan pengaturan diri dalam belajar. Karena dalam proses belajar banyak sekali faktor yang mempengaruhi, yaitu dari diri sendiri maupun lingkungan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh goal orientation dan dukungan sosial teman sebaya terhadap self regulated learning pada santri Pondok Pesantren Modern SMP Plus Al-Aqsha Jatinangor. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 242 santri. Skala goal orientation berdasarkan teori Ames (1992b), dukungan sosial teman sebaya berdasarkan teori Sarafino & Smith (2010), dan self regulated learning berdasarkan teori Pintrich, Wolters, dan Karabenick (2003). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 26,4% santri dengan learning dan performance orientation yang tinggi, 21,5% santri dengan learning orientation yang tinggi dan performance orientation yang rendah, 22,7% santri dengan learning orientation rendah dan performance orientation yang tinggi, 29,3 santri dengan learning dan performance orientation yang rendah, 53% santri dengan dukungan sosial teman sebaya yang rendah, 47% santri dengan dukungan sosial yang tinggi, 52% santri dengan self regulated learning yang rendah dan 48 santri dnegan self regulated learning yang tinggi. Berdasarkan perhitungan didapatkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,45 artinya pengaruh goal orientation dan dukungan sosial teman sebaya terhadap self regulated learning sebesar 45%. Goal orientation berpengaruh positif sebesar 0,821. Dukungan sosial teman sebaya berpengaruh positif sebesar 0,416. Artinya apabila goal orientation maupun dukungan sosial teman sebaya meningkat maka self regulated learning pada santri pun meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: goal orientation; dukungan sosial; self regulated learning; teman sebaya;
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Friends and Neighbors
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:08
Last Modified: 10 Mar 2020 02:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30160

Actions (login required)

View Item View Item