Penerapan model pembelajaran interaktif setting kooperatif (ISK) dan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP: Penelitian eksperimen pada salah satu MTs swasta di Kota Bandung

Susanti, Susanti (2017) Penerapan model pembelajaran interaktif setting kooperatif (ISK) dan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP: Penelitian eksperimen pada salah satu MTs swasta di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Tujuan pembelajarannya untuk mengetahui: (a) Gambaran proses mengunakan model pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (ISK) (b) Gambaran proses menggunakan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) (c) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran ISK, STAD dan Konvensional (d) Perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model ISK, STAD, dan Konvensional. (e) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model ISK dan STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan yaitu teknik jenuh (sensus) dengan kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VII-A,VII-B dan VII-C. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, diperoleh: (a) Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran ISK mengalami peningkatan disetiap pertemuannya. (b) Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD mengalami peningkatan disetiap pertemuannya. (c) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran ISK, STAD dan Konvensional. (d) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model ISK, STAD, dan Konvensional. (e) sikap siswa terhadap model pembelajaran ISK dan STAD secara keseluruhan adalah positif. Hal ini terlihat dari rata-rata skor sikap siswa lebih besar daripada skor sikap netral siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemahaman matematis; interaktif setting kooperatif; student teams achievement division
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:46
Last Modified: 05 Mar 2020 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/30075

Actions (login required)

View Item View Item