Hubungan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menggunakan alat-alat praktikum

Nurhasanah, Ende Annisa (2017) Hubungan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menggunakan alat-alat praktikum. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menggunakan alat-alat praktikum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di enam SMA wilayah Bandung pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 42 orang siswa. Data hasil tes pengetahuan berupa tes lisan dan soal pilihan ganda dikumpulkan untuk menganalisis pengetahuan siswa mengenai nama, fungsi dan cara menggunakan alat-alat praktikum, sedangkan data hasil tes keterampilan berupa tes kinerja dikumpulkan untuk menganalisis keterampilan siswa menggunakan alat-alat praktikum. Setelah itu, dari tes pengetahuan dan tes keterampilan dapat dianalisis hubungan antara keduanya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa mengetahui nama alat praktikum sebesar 93 dengan kategori sangat baik, nilai rata-rata siswa mengetahui fungsi dan cara menggunakan alat-alat praktikum masing-masing sebesar 73 dengan kategori baik dan 56 dengan kategori cukup serta nilai rata-rata siswa menggunakan alat-alat praktikum sebesar 68 dengan kategori baik. Ketika dianalisis kedua variabel (pengetahuan dan keterampilan) terdapat korelasi positif sebeser 0,429. Untuk itu, dalam melakukan praktikum dengan baik dan mendapatkan hasil yang akurat, tidak hanya pengetahuannya saja akan tetapi, harus mampu menggunakan alat praktikum dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: praktikum kimia; pengetahuan alat-alat praktikum; keterampilan menggunakan alat-alat praktikum
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:36
Last Modified: 02 Mar 2020 08:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29973

Actions (login required)

View Item View Item