Efektivitas alokasi dana desa dalam pembangunan desa di desa Bojongjengkol Kecamatan Jampangtengah Kabupaten Sukabumi tahun 2018

Siregar, Maulana Ainul Yaqin (2019) Efektivitas alokasi dana desa dalam pembangunan desa di desa Bojongjengkol Kecamatan Jampangtengah Kabupaten Sukabumi tahun 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy

Abstract

Alokasi Dana Desa (ADD) yaitu Dana yang dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten untuk Desa yang bersumber dari bagian Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah yang dipergunakan untuk operasional Pemerintahan Desa dan BPD, Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan dan Biaya tidak terduga. Berlakukannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa adalah suatu landasan hukum untuk menjamin pengalokasian anggaran Alokasi Dana Desa dengan tepat dan efektif. Aturan ini menjadi pedoman bagi setiap Pemerintah Daerah dan Desa yang ada di seluruh NKRI, termasuk pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dan Pemerintah Desa Bojongjengkol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengalokasian ADD di Desa Bojongjengkol sudah tepat dan efektif, dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengalokasian ADD di Desa Bojongjengkol. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori William N. Dunn dalam bukunya Analisis Kebijakan Publik, William N. Dunn menjelaskan bahwa Efektivitas suatu kebijakan dipengaruhi oleh 5 indikator, yaitu Efesiensi, Kecukupan, Perataan, Responsivitas, dan Ketepatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif yang berbentuk kata, kalimat, skema dan gambar. Fokus penelitian Alokasi Dana Desa, lokus penelitian di Kantor Desa Bojongjengkol. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengalokasian anggaran Alokasi Dana Desa sudah berjalan dengan baik namun belum optimal, hal ini dikarenakan adanya beberapa kendala, yaitu dari segi Sumber Daya Manusia, dan Komunikasi maksudnya pada saat pengalokasian anggarannya masih ada yang belum paham dan dalam komunikasinya pun masih kurang hanya kepada masyarakat tertentu sehingga mengakibatkan banyak masyarakat masih belum mengetahui apa itu ADD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Alokasi Dana Desa; Pembangunan Desa;
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Maulana Ainul Yaqin
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:45
Last Modified: 03 Mar 2020 06:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29964

Actions (login required)

View Item View Item