Pengaruh pupuk kotoran ayam broiler terhadap kelimpahan arthropoda di permukaan tanah dan hasil panen pada tanaman kacang hijau (Vigna radiata L) varietas vima 4

Puspa, Anita (2019) Pengaruh pupuk kotoran ayam broiler terhadap kelimpahan arthropoda di permukaan tanah dan hasil panen pada tanaman kacang hijau (Vigna radiata L) varietas vima 4. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Kacang hijau (Vigna radiata L.) merupakan tanaman legum yang dimanfaatkan sebagai sumber bahan pangan sehat karena memiliki banyak kandungan gizi. Produksi kacang hijau di Indonesia pada satu tahun terakhir mengalami penurunan yang cukup drastis, dengan demikian upaya untuk meningkatkan produksi kacang hijau dapat dilakukan dengan penambahan pupuk kotoran ayam broiler. Pupuk kotoran ayam broiler selain dapat meningkatkan hasil kacang hijau, juga dapat mempengaruhi mahluk hidup lain pada pertanaman seperti arthropoda di permukaan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh pupuk kotoran ayam broiler dan dosis pupuk kotoran ayam broiler yang optimal dalam meningkatkan kelimpahan arthropoda di permukaan tanah dan hasil panen pada tanaman kacang hijau. Penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga Juni 2019 di Desa Pangguh, Kecamatan Ibun, Jawa Barat. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) satu faktor, terdiri dari 6 taraf perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan pada penelitian yaitu dosis pupuk kotoran ayam broiler P0 = tanpa pupuk, P1 = 5 t ha-1, P2 = 10 t ha-1, P3 = 15 t ha-1, P4 = 20 t ha-1, P5 = 25 t ha-1. Uji lanjut yang digunakan adalah uji lanjut DMRT (Duncan’s multiple range test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pupuk kotoran ayam broiler terhadap kelimpahan arthropoda di permukaan tanah dan hasil panen pada tanaman kacang hijau. Taraf perlakuan P4 dosis pupuk kotoran ayam broiler 20 t ha-1 (1,92 kg petak-1) optimal dalam meningkatkan kelimpahan arthropoda di permukaan tanah, jumlah polong dan bobot biji tanaman kacang hijau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Arthropoda; Kacang Hijau; Pupuk Kotoran Ayam Broiler
Subjects: Arthropoda
Engineering > Organic Materials
Specific Techniques of Agriculture
Plant Injuries > General Topics of Pests and Diseases Control
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Anita Puspa
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:02
Last Modified: 03 Mar 2020 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29924

Actions (login required)

View Item View Item