Pengaruh implementasi kebijakan peraturan Bupati Subang nomor 05 tahun 2015 tentang petunjuk teknis subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah (program raskin) tahun 2015 terhadap efektivitas program raskin di kabupaten Subang

Ariyanti, Fani Meida (2017) Pengaruh implementasi kebijakan peraturan Bupati Subang nomor 05 tahun 2015 tentang petunjuk teknis subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah (program raskin) tahun 2015 terhadap efektivitas program raskin di kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Pemerintah Indonesia saat ini memiliki kebijakan program percepatan penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan sosial yang disebut dengan Program Raskin. Kebijakan Program Raskin dibuat berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 05 Tahun 2015. Untuk dapat mengefektifkan Program Raskin tersebut maka Pemerintah Daerah Kabupaten Subang mengeluarkanlah kebijakan berupa Peraturan Bupati Subang Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Subsidi Beras Bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah (Program Raskin) Tahun 2015. Tujuan dilakukan penelitian ini ialah mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi kebijakan tersebut terhadap efektivitas Program Raskin di Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan teori George C. Edward III untuk variabel implementasi kebijakan yang terdiri dari dimensi komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Untuk variabel efektivitas program menggunakan teori dari Tayibnafis yang terdiri dari pendekatan eksperimental, pendekatan berorientasi keputusan, pendekatan berfokus keputusan, pendekatan berorientasi pada pemakai, dan pendekatan yang responsif. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif asosiatif kausalitas yaitu menggunakan data berupa angka atau data yang diolah menjadi angka. Dengan sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder dan primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan studi kepustakaan, angket, dan wawancara. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis terlihat bahwa pelaksanaan implementasi kebijakan berkategori “baik” dengan presentase 73,4%. Sedangkan efektivitas Program Raskin berkategori “baik” dengan presentase 73,02%. Hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh hasil hubungan dengan kategori “sedang” dengan presentase 0,482. Hasil dari koefisien determinasi ialah 23,2% dengan kategori “cukup tinggi”. Dengan hasil analisis regresi linier sederhana ialah Y ̂=16,529+0,411(X). Melalui uji t diperoleh t hitung sebesar 5,445 dan t tabel 1,984. Karena t hitung ≥ t tabel maka Ho ditolak. Sehingga hipotesis yang diterima yaitu hipotesis Ha dengan pernyataan “Terdapat Pengaruh Implementasi Kebijakan Peraturan Bupati Subang Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Subsidi Beras Bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah (Program Raskin) Tahun 2015 terhadap Efektivitas Program Raskin Di Kabupaten Subang”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: implementasi kebijakan; peraturan bupati; efektivitas program raskin
Subjects: Communities > Suburban Communities
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 25 Feb 2020 07:17
Last Modified: 25 Feb 2020 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29790

Actions (login required)

View Item View Item