Pengaruh implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2016 terhadap efektivitas pelayanan pendidikan siswa baru di SMAN 26 kota Bandung

Rahayu, Fina Nur (2017) Pengaruh implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2016 terhadap efektivitas pelayanan pendidikan siswa baru di SMAN 26 kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Implementasi kebijakan merupakan salah satu perwujudan dari pelaksanaan program yang ditunjukan untuk mencapai tujuan dari kebijakan yang telah buat oleh pemerintah sebagai abdi masyarakat. Kota Bandung Sebagai salah satu kota dengan sebutan kota Pendidikan telah mengeluarkan kebijakan mengenai administrasi pendidikan. Salah satunya adalah dengan dengan administrasi pendaftaran siswa-siswa baru pada sekolah sekolah di Bandung. Kebijakan ini dikenal dengan kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi Sekolah Negeri. Penerimaan peserta didik termasuk suatu kegiatan penting dalam manajemen peserta didik. Kegiatan ini akan menentukan calon peserta didik yang berhak diterima oleh sekolah. Dalam kegiatan ini sekolah juga bisa menentukan kualitas peserta didik yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas implementasi kebijakan PPDB 2016, realitas efektifitas pelayanan pendidik bagi siswa baru dan seberapa besar pengaruh Implementasi kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2016 terhadap efektivitas pelayanan siswa baru di SMAN 26 Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk variabel X menggunakan teori George C. Edward III (dalam Leo Agustino, 2012) yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi sedangkan variabel Y menggunakan teori Paul D. Epstein yaitu kualitas dan kuantitas. Metode yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosaitif, karena merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan maupun pengaruh antara dua variabel atau lebih. Teknik pegambilan data melalui studi kepustakaan, dan studi lapangan yang terdiri dari wawancara tidak terstruktur, observasi, dan kuesioner yang disebar kepada 99 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan, bahwa Implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2016 sudah baik dengan hasil analisa mencapai 81,43% namun masih belum maksimal. Efektivitas pelayanan pendidikan siswa baru sudah baik dengan hasil analisa mencapai 86,08% namun masih belum maksimal dan besar pengaruh kebijakan PPDB terhadap efektivitas pelayanan pendidikan bagi siswa baru di SMAN 26 Kota Bandung didapat persamaan regresi Y = 38,025 + 0,123X. Dari nilai koefisien korelasi 0,576 yang menunjukkan terdapat hubungan yang sedang antara kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2016 dengan efektivitas pelayanan pendidikan siswa baru. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa meningkatnya efektifitas pelayanan pendidikan siwa baru dipengaruhi oleh kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2016 sebesar 33,18% dan sisanya 66,82% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: implementasi kebijakan; penerimaan siswa baru; PPDB; pelayanan pendidikan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 25 Feb 2020 06:48
Last Modified: 25 Feb 2020 06:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29788

Actions (login required)

View Item View Item