Peningkatan kemampuan metakognitif siswa melalui model Metacognitive Learning Cycle 5E pada materi sel: Penelitian quasi eksperiment pada siswa kelas XI SMAN 2 Cibitung

Pilani, Nia (2019) Peningkatan kemampuan metakognitif siswa melalui model Metacognitive Learning Cycle 5E pada materi sel: Penelitian quasi eksperiment pada siswa kelas XI SMAN 2 Cibitung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy

Abstract

Model Metacognitive Learning Cycle 5E merupakan model yang menekankan siswa untuk aktif dalam setiap tahapan pembelajaran dan selalu dipantau metakognitifnya. Setiap siswa memiliki kemampuan metakognitif yang berbeda-beda. Penelitian bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran dan menganalisis kemampuan metakognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental. Sampel yang digunakan, yaitu XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran dengan Metacognitive Learning Cycle 5E nilai rata-rata aktivitas guru dan siswa sebesar 92.50%. Kemampuan metakognitif siswa pada kelas kontrol 77.38 (berkembang baik) dan indikator keterampilan memonitoring paling tinggi 78.83. Kemampuan metakognitif siswa pada kelas eksperimen 78.99 (berkembang baik), dan indikator pengetahuan deklaratif paling tinggi 80.77. Peningkatan kemampuan metakognitif siswa dengan kelas eksperimen N-Gain 0,31 (sedang). Hasil angket akhir menunjukan thitung=1.12< ttabel=2.45, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan metakognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan metakognitif; metacognitive learning cycle 5E; sel;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nia Pilani
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:47
Last Modified: 26 Feb 2020 03:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29778

Actions (login required)

View Item View Item