Model dakwah bil-kitabah di Sekolah : Studi deskriptif di Madrasah Aliyah Al-Holiliyah Pelabuhan Jayanti Desa Cidamar Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur

Seftiani, Ayu (2019) Model dakwah bil-kitabah di Sekolah : Studi deskriptif di Madrasah Aliyah Al-Holiliyah Pelabuhan Jayanti Desa Cidamar Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah terus mengalami perkembangan seiring perubahan zaman dari waktu ke waktu. Tabligh sebagai salah satu bentuk dakwah juga terus berkembang, salah satunya disebabkan oleh munculnya internet. Tabligh merupakan bentuk dakwah dengan cara menyampaikan atau menyebarkan ajaran islam dengan menggunakan media mimbar maupun media massa (baik elektronik, atau cetak) dengan sasaran khalayak. (Enjang, 2009). Dakwah yang digunakan oleh organisasi Jurnalistik Madrasah Aliyah Al Holiliyah ini mengunakan dakwah bil kitabah atau dakwah dengan menggunakan tulisan baik di media cetak ( Majalah dinding, dan buletin) maupun di media massa seperti blog. Media tulisan atau kitabah merupakan media yang pertama digunakan dalam dakwah, setelah sebelumnya dakwah hanya menggunakan media lisan atau bahasa lisan saja. Bahkan seiringnya perkembangan zaman dakwah bisa disampaikan dengan audio, visual, bahkan audio visual (Kusnawan, Aep 2004 : 24). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dakwah bil kitabah di organisasi Jurnalistik Madrasah Aliyah Al Holiliyah. Meliputi produk yang dihasilkan, proses pempublikasian, dan bagaimana isi dari produk tersebut. Sedangkan penelitian ini menggunakan teori model yang diungkapkan oleh Litlejhon yaitu represenasi simbolis dari suatu benda, proses dan sistem atau gagasan ide. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode Analisis kualitatif deskriptif. Hal ini berdasarkan tujuan peneliti an yang ingin menggambarkan sebuah gejala tabligh yang terjadi di lapangan berupa kegiatan dakwah bil kitaba di sekolah dengan penjelasan dalam bentuk uraian-uraian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan dakwah di organisasi Jurnalistik Madrasah Aliyah Al Holiliyah memiliki tiga media yaitu (Majalah dinding, buletin dan blog) dan prodak yang di hasilkan di media ini diantaranya artikel, puisi, berita, dan cerpen sedangkan proses untuk mempublikasikan-Nya adalah merekrut tulisan, penyeleksian tulisan, dan mempublikasikan tulisan. Dan isi dari ketiga media tersebut mengandung unsur informatif, rekreatif, dan edukatif dengan disisipi pesan-pesan dakwah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model; Dakwah; Bil Kitabah; Jurnalistik
Subjects: Preaching, Homiletics
Islam > Islamic Religious Education
Latin Miscellaneous Writings
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ayu seftiani
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:47
Last Modified: 11 Mar 2020 07:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29716

Actions (login required)

View Item View Item