Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem indera manusia

Indrawan, Ghaida Al-Fath (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem indera manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, penelitian ini dilatar belakangi oleh antusiasme siswa untuk bekerja sama dalam kelompok, mengemukakan pendapat dan mengembangkan pendapat belum terlaksana secara efektif. Hal ini dikarenakan keterampilan siswa dalam mencari sumber lain, mengajukan pertanyaan dan menggali materi yang diberikan masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem indera manusia. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 26 Bandung. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Jumlah sampel sebanyak 59 siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe MURDER bertujuan siswa untuk belajar mandiri. Langkah expand dan digest untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut; (1) Keterlaksanaan aktivitas guru rata-rata persentase 88,4% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas siswa persentase 77% pada kelas eksperimen, (2) Keterampilan berpikir kritis pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 1,87, setelah dilakukan posttest nilai rata-rata sebesar 2,32 dengan memperoleh N-Gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang. Sedangkan keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest 1,83 setelah dilakukan posttest nilai rata-rata 2,64 dengan memperoleh N-Gain sebesar 0,7 dengan kategori tinggi, (3) Pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) terhadap keterampilan berpikir kritis dengan nilai (3,06 > 2,00), (4) Respon siswa pada pembelajaran biologi, materi sistem indera manusia dan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER terhadap keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh nilai rata-rata 2,6 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER;Berpikir Kritis;Sistem Indera Manusia
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ghaida Al-Fath Nadhia Dema Putri Indrawan
Date Deposited: 20 Feb 2020 07:29
Last Modified: 20 Feb 2020 07:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29689

Actions (login required)

View Item View Item