Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik materi perkalian dan pembagian melalui media gambar kelas II di MI Nailushibyan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Khoeriah, Siti (2019) Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik materi perkalian dan pembagian melalui media gambar kelas II di MI Nailushibyan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran yang diterapkan kurang tepat, sehingga siswa kurang terdorong untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut, yang pada akhirnya siswa kurang memahami materi pelajarannya yang diberikan. Berdasarkan fakta tersebut maka perlu inovasi dalam hal penerapan media pembelajaran agar susana kelas lebih hidup dan siswa merasa senang dalam mengikuti proses pembelajarannya. Dengan demikian media belajar dianggap memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran tematik materi perkalian dan pembagian sebelum di terapkan media gambar dua dimensi, 2) Proses penerapan media gambar dua dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik materi perkalian dan pembagian pada setiap siklus, 3) peningkatan hasil belajar siswa kelas II pada materi perkalian dan pembagian setelah menerapkan media gambar dua dimensi dapat meningkatkan hasil belajar pada setiap siklus. Penelitian yang digunakan didasarkan pada pemikiran bahwa penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar perkalian dan pembagian bukan suatu hal yang baru dan dianggap sulit, namun hal tersebut justru seharusnya menjadi pemicu untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Pembelajaran tematik juga dapat memenfaatkan media gambar dua dimensi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan subjek adalah siswa kelas II MI Nailushibyan berjumlah 22 orang, terdiri dari 13 perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan ketika media gambar diterapkan kemampuan melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian dalam pembelajaran tematik mengalami peningkatan Dari hasil observasi yang dilakukan aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I hingga siklus II. Persentase yang diperoleh pada siklus I sebesar 63%, dan pada siklus II sebesar 90%. Perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 65, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 50%, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebesar 79, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 86%, serta pada tes akhir siklus didapatkan nilai rata-rata siswa sebesar 87, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91% termasuk kedalam kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan pelajaran tematik; Peningkatan perkalian; pembagian dengan media gambar;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Khoeriah
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:41
Last Modified: 27 Feb 2020 07:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29683

Actions (login required)

View Item View Item