Pengaruh pembelajaran Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dengan Blended Learning terhadap peningkatan keterampilan berfikir kreatif pada materi ekosistem

Agustina, Mona (2019) Pengaruh pembelajaran Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dengan Blended Learning terhadap peningkatan keterampilan berfikir kreatif pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dengan Blended Learning diterapkan dengan harapan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan keterlaksanaan, keterampilan berpikir kreatif siswa terhadap pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan pembelajaran TPACK dengan Blended Learning pada materi ekosistem, dan pengaruh pembelajaran TPACK dengan Blended Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan tes keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dengan siswa menggunakan pembelajaran TPACK dengan Blended Learning memiliki kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas ekspeimen lebih tinggi dengan N-Gain 0,66 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,63 (sedang). Hasil uji t kelas eksperimen menggunakan pembelajaran TPACK dengan Blended Learning tidak berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem, namun hanya memiliki pengaruh yang kecil saja berdasarkan kategori nilai effect size.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; TPACK; Blended Learning; keterampilan berpikir kreatif;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mona Agustina
Date Deposited: 21 Feb 2020 02:14
Last Modified: 21 Feb 2020 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29615

Actions (login required)

View Item View Item